Strategi Komunikasi Politik Dalam Pemilihan Bupati Di Kabupaten Sukoharjo Periode 2021 – 2024
Studi Deskriptif Kualitatif Tim Pemenangan Pasangan Etik Suryani Dan Agus Santosa Di Desa Watubonang Kecamatan Tawangsari
Keywords:
Strategi, Komunikasi, Politik, Pilkada, SukoharjoAbstract
Strategi Komunikasi Politik dalam Pemilihan Bupati di Kabupaten Sukoharjo Periode 2021-2024 (Studi Deskriptif Kualitatif Tim Pemenangan Pasangan Etik Suryani dan Agus Santosa di Desa Watubonang Kecamatan Tawangsari). Skripsi. Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo. 2022. Tujuan penelitian ini ialan: 1) untuk mengetahui strategi komunikasi politik tim pemenangan Etik Suryani dan Agus Santosa di Desa Watubonang Kabupaten Sukoharjo, 2) untuk mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat dari startegi komunikasi politik tim pemenangan Etik Suryani dan Agus Santosa di Desa Watubonang Kabupaten Sukoharjo. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini dikumpulkan dari observasi, wawancara, dan studi dokumen. Analisis data menggunakan analisis data Miles dan Huberman yang meliputi empat langkah yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Narasumber dalam penelitian ini ialah ketua tim pemenangan dan anggota tim pemenangan. Teori yang digunakan yaitu Political Marketing dalam tiga tahap. Hasil penelitian ditemukan bahwa: 1) strategi komunikasi politik yang digunakan tim pemenangan Etik Suryani dan Agus Santosa yakni push marketing, pull marketing, dan pass marketing. pertama, strategi kampanye Push Marketing dilakukan dengan 3 cara: Kampanye Pertemuan Terbatas, Kampanye Door to Door, dan Blusukan. Kedua, strategi kampanye Pull Marketing dilakukan dengan menggunakan Media Konvensional dan Media Sosial. Ketiga, strategi kampanye Pass Marketing dilakukan dengan manjalin komunikasi bersama tokoh masyarakat, tokoh agama, dan organisasi pemuda. Serta komunikasi tim pemanangan Etik Suryani dan Agus Santosa memilih menggunakan metode-metode komunikasi seperti, komunikasi interpersonal, komunikasi kelompok, komunikasi massa, komunikasi organisasi, serta pesan persuasif yang berisi visi misi dan program kerja serta permohonan dukungan mampu membuat masyarakat memilih Etik Suryani dan Agus Santosa sebagai Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Sukoharjo. 2) terdapat faktor pendukung dan penghambat strategi komunikasi politik tim pemenangan Etik Suryani dan Agus Santosa. Faktor pendukung diantaranya sosok figure Etik Suryani dan Agus Santosa yang merakyat, jujur, ramah, dan bersikap tegas serta bentuk visi misi yang mampu membuat masyarakat tertarik. Faktor penghambat diantaranya Pandemi Covid-19 dan masalah Financial serta Money Politik
Downloads
References
Arifin, Anwar. 1984. “Strategi Komunikasi Sebuah Pengantar Ringkas.”
Arifin, Anwar. 2011. Komunikasi Politik: Filsafat, Paradigma, Teori, Tujuan, Strategi, Dan Komunikasi Politik Indonesia. Jakarta: PT. Balai Pustaka.
Bungin, Burhan. 2007. Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, Dan Ilmu Sosial Lainnya. jakarta: kencana prenada media group.
Ferdiansyah, M. 2015. Dasar Penelitian Kualitatif.
Hafied Cangara. 2009. “Komunikasi Politik.” 4(1):163–80.
Harun, Rochajat and A. P. Sumarno. 2006. Komunikasi Politik Sebagai Suatu Pengantar. bandung: CV mandar maju.
Nur Indriantoro dan Bambang Supomo. 2007. Metode Penelitian Bisnis Untuk Akuntansi Dan Manajemen. pertama. BPFE.
Rogers & Snyder. 2002. “Manajemen Kampanye.”
Schrorder, Peter. 1999. Strategi Politik. jakarta: PT. Grasindo.
Sugiyono. 2005. “Memahami Penelitian.” Bandung: Alfabeta 2.
Sugiyono. 2016. “Memahami Penelitian Kualitatif.” Bandung: Alfabeta.
Utami, Dina Kurnia Sari. 2021. “Penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah Serentak Tahun 2020 Di Tengah Pandemi Covid-19 Berdasarkan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2020.” Wasia: Jurnal Pemilu Dan Demokrasi 1(1):13–26.
Zein, Abdullah. 2008. “Strategi Komunikasi Politik.”
Zuriah, Nurul. 2009. “Metodologi Penelitian Sosial Dan Pendidikan.” 1:17
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Sekar Sari N. K., Betty Gama, Hariyanto Hariyanto, Joko Suryono

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan dengan Media and Empowerment Communication Journal (MECOMM) menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memegang hak cipta dan memberikan jurnal hak untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons (CC BY-SA 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya dalam jurnal ini .
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.