Strategi Pemberitaan Sukoharjonews.com dalam Menghadapi Persaingan Media Berita Online
Kata Kunci:
strategi, pemberitaan, sukoharjonews.com, persaingan, media onlineAbstrak
Sukoharjonews.com merupakan portal media berita online lokal di Kabupaten Sukoharjo, Tantangan terbesar portal berita online ini yaitu persaingan antar media berita online yang semakin massif dan kompetitif dalam merebut pembaca atau viewer. Jika tidak berbenah dalam memperbaiki konten dan layout tentu akan kalah dalam bersaing memperebutkan pembaca dan viewer. Untuk itu, penelitian ini bertujuan mengetahui bagaimana strategi pemberitaan yang ditonjolkan oleh redaksi sukoharjonews.com dalam menghadapi persaingan media berita online di Sukoharjo. Penelitian kualitatif ini menggunakan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan penyimakan (observasi partisipan), wawancara mendalam, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah 4 orang staf redaksi dengan menggunakan teknik purposive sampling, yakni mereka yang memiliki pengalaman dalam pemberitaan sukoharjonews.com. terdiri dari informan key yakni pimpinan redaksi dan editor, serta informan pendukung yakni reporter dan admin media sosial. Analisis data menggunakan model analisis data Miles and Huberman yang meliputi pengumpulan data, pemilahan dan pemilihan data, sajian data dan penarikan kesimpulan. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu bahwa sukoharjonews.com dalam menghadapi persaingan media berita online, menggunakan dua strategi konten prioritas dengan menonjolkan konten berita lokal dan konten berita viral. Kedua
konten prioritas tersebut ditulis dengan peimilihan kata kuinci yang unik dan menarik minat pembaca. hasilnya sangat beirpeingaruih pada SEiO, yang meinuinjang trafik visitor media online.
Unduhan
Referensi
Amalia. (2018). Strategi Pemberitaan Tribunsolo.com Dalam Menghadapi Persaingan Media
Online. Skripsi Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Ushuluddin dan Dakwah.
Amalia, K. (2018). Strategi Pemberitaan Tribunsolo.Com Dalam Menghadapi Persaingan Media
Online.
Bungin, B. (2006). Sosiologi Komunikasi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Bungin, Burhan. (2007). Penelitian Kualitatif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Effendy, O. U. (2006). Ilmu Komunikasi : Teori dan Praktek. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Kusumaningrat, H. (2005). Jurnalistik Teori dan Praktik . Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Masri & Sareb . (2006). Teknik Menulis Berita dan Feature. (Jakarta: PT. Indeks.
McQuail, Denis. (2000). Teori Komunikasi Massa. Jakarta: Erlangga.
Moleong, L. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Munanda Okki Saputro, J. S. (2023). Analisis Framing Tragedi Kanjuruhan Pada Media Online
CNN Indonesia. Media and Empowerment Communication Journa(Issue 1 (2023), Mei, pp 40-
.
Nasution1, R. F. (2022). STRATEGI PEMBERITAAN TRIBUNMEDAN.COM.
Nuri Suryani, Joko Suryono, Betty Gamma, Bono Setyo, (2019). Faktor Faktor Kebijakan
Redaksional Youtube Solopos. Media and Empowerment Communication Journal, 19.
Ratu, P. S. (2011). New Audience (New Media dan Kemunculan Spesies Baru Audien:
Rekonseptualisasi Audience di Era Media Digital. Bab New Media: Teori dan Aplikasi.
Artikel New Media.
Romli; Syamsul Asep. (2012). Jurnalistik Online : Panduan Mengelola Media Online. Bandung:
Nuansa Cendekia.
Setiati, E. (2005). Ragam Jurnalistik Baru dalam Pemberitaan. Yogyakarta: C.V Andi Offset.
Suryono, J. (2020). Kegiatan Periklanan Media Sosial yang Sukses untuk Usaha Mikro, Kecil dan
Usaha Menengah.
Yunus Ahmad , Syaibani. (2011). New Media : Teori dan Perkembangannya. New Media dan
Aplikasi Surakarta : Lindu Pustaka, 5.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Patrisia Argi Satuti Patrisia, Joko Suryono , Henny Sri Kusumawati
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan dengan Media and Empowerment Communication Journal (MECOMM) menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memegang hak cipta dan memberikan jurnal hak untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons (CC BY-SA 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya dalam jurnal ini .
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.