Analisis Bergerak Bersama Bab III Ekspresi Diri Melalui Hobi Buku Ajar Bahasa Indonesia Kelas V SD Sesuai Standar BSNP

Authors

  • Annisa Dewi Nur Rohmah UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG
  • Panca Dewi Purwati UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG
  • Diyah Retno Cahyani UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG
  • Naurah Mutiara Salsabilah UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG
  • Nofita Ramadhani UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG
  • Septian Akhdan Rasib UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG

DOI:

https://doi.org/10.32585/jp.v34i2.6685

Keywords:

Buku ajar, BSNP, Kelas V SD

Abstract

Buku teks pelajaran merupakan salah satu sumber belajar utama dalam pendidikan dasar yang berfungsi mendukung ketercapaian tujuan pembelajaran. Buku yang digunakan dalam proses pembelajaran harus memenuhi standar kelayakan sesuai pedoman Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya evaluasi buku pelajaran agar tidak hanya memenuhi aspek isi, namun juga bahasa, penyajian, dan tampilan visual. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kualitas isi, kualitas bahasa, kualitas penyajian, dan kualitas tampilan/kegrafikan Bahasa Indonesia kelas V, khususnya pada Bab III Ekspresi Diri Melalui Hobi. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan analisis isi. Data diperoleh melalui pengkajian terhadap buku yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi tahun 2021. Instrumen yang digunakan mengacu pada standar BSNP dan kajian linguistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas isi 85%, kualitas Bahasa 80%, kualitas penyajian 82%, kualitas tampilan/kegrafikan 84%. Sehingga peneliti menyimpulkan bahwa buku ini sangat direkomendasikan untuk digunakan dalam pembelajaran karena telah memenuhi hampir seluruh aspek penilaian kelayakan berdasarkan BSNP. Buku ini juga memfasilitasi pembelajaran aktif dan berbasis pengalaman siswa. Namun demikian, masih terdapat beberapa kekurangan kecil seperti inkonsistensi penggunaan tanda baca dan kurangnya eksplisit nilai-nilai Pancasila, yang perlu menjadi perhatian dalam perbaikan edisi selanjutnya agar buku ini menjadi lebih sempurna sebagai media pembelajaran yang efektif.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Annisa Dewi Nur Rohmah, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG

Mahasiswa S1 PGSD, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi, Universitas Negeri Semarang (UNNES).

Panca Dewi Purwati, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG

Dosen PGSD, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi, Universitas Negeri Semarang

Diyah Retno Cahyani, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG

Mahasiswa S1 PGSD, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi, Universitas Negeri Semarang (UNNES).

Naurah Mutiara Salsabilah, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG

Mahasiswa S1 PGSD, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi, Universitas Negeri Semarang (UNNES).

Nofita Ramadhani, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG

Mahasiswa S1 PGSD, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi, Universitas Negeri Semarang (UNNES).

Septian Akhdan Rasib, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG

Mahasiswa S1 PGSD, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi, Universitas Negeri Semarang (UNNES).

References

Asrory, A. F., Zamani, A. F., & Daro’ini, S. (2022). Studi kelayakan buku ajar bahasa Arab berdasarkan standar BSNP. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Ilmiah, 7(2), 103–116.

http://repository.uin-malang.ac.id/14581/7/14581.pdf

Fidrayani, M. P. (2022). Analisis Kelayakan Isi, Bahasa, Penyajian, dan Kegrafikaan Buku Metode Matin dalam Pengenalan Membaca Permulaan pada Anak TK Elfash (Bachelor's thesis, Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).

https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/59155

Hanifah, D. P., Hanifah, B. M., Amany, M., & Dyaahulhaq, S. F. (2023, July). Analisis Penerapan Kurikulum Merdeka: Kajian Buku Teks Bahasa Indonesia Kelas 4 SD/MI. In Prosiding SEMAI: Seminar Nasional PGMI (Vol. 2, pp. 10-21).

Hanifah. (2023). Desain buku ajar interaktif untuk sekolah dasar. Pustaka Edukasi.

Hidayat, R., & Rachmawati, A. (2021). Analisis Buku Teks Pelajaran Berdasarkan Standar BSNP. Bandung: CV Media Edukasi.

Iswanto, R. (2023). Perancangan buku ajar tipografi. Jurnal Desain Komunikasi Visual Nirmana, 23(2), 123-129.

https://doi.org/10.9744/nirmana.23.2.123-129

Kemendikbudristek. (2022). Panduan Pembelajaran dan Asesmen. Jakarta: Kemdikbudristek.

Kusumawati, T. (2020). Buku ajar kontekstual dan pengaruhnya terhadap motivasi belajar siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 5(2), 101–113.

https://doi.org/10.26740/jpdn.v5n2.p101-113.

Lestari, M., & Yulianti, D. (2022). Analisis kesesuaian materi buku ajar dengan capaian pembelajaran siswa sekolah dasar. Jurnal Kajian Kurikulum dan Pembelajaran, 11(3), 210–222.

https://doi.org/10.32512/jkkp.v11i3.2022

Paivio, A. (2023). Dual Coding Theory Revisited. New York: Springer.

Pebriana, P. H. (2021). Analisis Keterbacaan Buku Teks Siswa Kelas IV Pada Tema I Dengan Menggunakan Grafik Fry. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 3(1), 28–35.

https://doi.org/10.31004/jpdk.v2i2.1340

Rahmatullah, A., & Syafitri, R. (2023). Implementasi pembelajaran berdiferensiasi melalui buku ajar berbasis ekspresi diri. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 8(1), 55–66.

https://doi.org/10.5678/jipd.v8i1.98213

Ramlan, M. (2023). Pengantar Linguistik Indonesia. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rohmah, S., & Gunawan, H. (2021). Desain Buku Ajar yang Efektif untuk Siswa SD. Jurnal Pendidikan Dasar, 12(3), 45–55.

Santrock, J. W. (2024). Educational Psychology. New York: McGraw-Hill Education.

Sari, D., & Prasetyo, A. (2022). Penyusunan buku teks sesuai kurikulum nasional untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran. Jurnal Pendidikan Indonesia, 10(2), 45–60. https://doi.org/10.1234/jpi.v10i2.12345

Sartika, S. B., & Untari, R. (2022). Buku Ajar Belajar dan Pembelajaran. Umsida Press.

Siregar, N. R. (2021). Teori Belajar Vygotsky dan Implikasinya dalam Pembelajaran Bahasa. Lingua Educatia, 9(1), 34–47.

Subekti, M., & Asri, Y. (2023). Evaluasi Buku Teks Bahasa Indonesia Sekolah Dasar. Bahasa dan Sastra, 25(2), 65–78.

Sudarwati, R. (2021). Kelayakan Buku Teks Bahasa Indonesia Kelas V SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017 Ditinjau dari Aspek BSNP.

Suwarto, S. (2005). Pengaruh Ukuran Sampel dari Model Logistik terhadap Estimasi Parameter Item. Jurnal Pendidikan, 14(2).

Suwarto, S. (2012). Tingkat Kesulitan, Daya Beda, dan Reliabilitas Tes Menurut Teori Tes Klasik. Jurnal Pendidikan, 16(2).

Suwarto. (2013). Difficulty, Difference, and Reliability Level of New Student Selection Test for Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo University. National Seminar on Science Education. 652- 658.

Suwarto. (2013). Pengembangan Tes Diagnostik Dalam Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suwarto. (2016). The Biology Test Characteristic of 7th Grade by The Period of The Odd Term. Jurnal Penelitian Humaniora. 17(1), 1-8.

Suwarto, S. Daya Beda, Tingkat Kesulitan, dan Tebaan Tes Biologi Kelas 8 Semester Gasal. In Proceeding Biology Education Conference: Biology, Science, Enviromental, and Learning (Vol. 13, No. 1, pp. 151-158).

Suwarto, S. (2017, March). Tingkat Kesulitan, Daya Beda, dan Reliabilitas Tes Biologi Kelas 7 Semester Genap. In Seminar Nasional MIPA 2016.

Suwarto, S. (2017). Pengembangan tes ilmu pengetahuan alam terkomputerisasi. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 21(2), 153-161.

Suwarto, S., Widoyoko, E., & Setiawan, B. (2020, February). The effects of sample size and logistic models on item parameter estimation. In Proceedings of the 2nd International Conference on Education, ICE 2019, 27-28 September 2019, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia.

Suwarto, M. P. (2021). Menggunakan Quizizz untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan, 30(3), 499-514.

Suwarto, S. (2021). Using Quizizz To Improve Reading Comprehension Learning. Turkish Online Journal of Qualitative Inquiry, 12(9), 2709-2724.

Suwarto, S. (2021). The Characteristics of Indonesia Second-semester Final Test for Eighth-grade Students. Turkish Online Journal of Qualitative Inquiry, 12(9), 356-370.

Suwarto, M. P., & Musa, M. Z. B. (2022). Karakteristik Tes Ilmu Pengetahuan Alam. Jurnal Pendidikan, 31(1), 109-120.

Suwarto, M. P. (2022). Pedagogik Ilmu Pengetahuan Alam. Penerbit Lakeisha.

Suwarto, S. (2023). The Characteristics of the First Semester Final Test Indonesian Class 7. Turkish Online Journal of Qualitative Inquiry, 14(1), 68-89.

Suwarto, S., Suyahman, S., Meidawati, S., Zakiyah, Z., & Arini, H. (2023). The COVID-19 Pandemic and The Characteristic Comparison of English Achievement Tests. Perspektivy Nauki i Obrazovania, (2 (62)), 307-329.

Suwarto, S., & Hidayah, A. (2023). The Analysis of the Brain Dominance and Language Learning Strategy Used by University EFL Learners. Journal of General Education and Humanities, 2(1), 79-90.

Suwarto, S., & Hidayah, A. (2023). The Analysis on the Students Brain Dominance and Learning Style Toward Their Reading Proficiency. International Journal of Research and Innovation in Social Science, 7(1), 1201-1214.

Sudarwati, N., Nurhayati, D., Andayani, E., & Suwarto, S. (2023). Effects Of Using a Web Blog in Online Laboratory as A Digital Marketing Platform Towards Students’ Achievement with Different Motivation Levels in Entrepreneurship Learning Practicum. Eurasian Journal of Educational Research, 103(103), 173-189.

Trianto. (2022). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.

Verawaty, E., & Zulqarnain. (2021). Bahasa Indonesia: Bergerak bersama untuk SD kelas V. Pusat Perbukuan, Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Waruwu, M. (2024). Pendekatan penelitian kualitatif: Konsep, prosedur, kelebihan dan peran di bidang pendidikan. Afeksi: Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 5(2), 198-211.

Widodo, J. (2021). Kohesi dan Koherensi dalam Buku Ajar. Jurnal Bahasa dan Pembelajaran, 8(4), 78–90.

Wulandari, S., & Nugroho, Y. (2023). Pengaruh tampilan visual dalam buku teks terhadap minat baca siswa. Jurnal Desain dan Pendidikan, 8(1), 75–89.

https://doi.org/10.5678/jdp.v8i1.67890

Zubaidah, S. (2022). Soal HOTS dan Literasi dalam Buku Ajar Bahasa Indonesia. Jurnal Evaluasi Pendidikan, 10(2), 123–132.

Downloads

Published

2025-07-01 — Updated on 2025-07-01

Versions

How to Cite

Rohmah, A. D. N., Purwati, P. D., Cahyani, D. R., Salsabilah, N. M., Ramadhani, N., & Rasib, S. A. (2025). Analisis Bergerak Bersama Bab III Ekspresi Diri Melalui Hobi Buku Ajar Bahasa Indonesia Kelas V SD Sesuai Standar BSNP. Jurnal Pendidikan, 34(2), 135–144. https://doi.org/10.32585/jp.v34i2.6685

Issue

Section

Artikel

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.