Analisis Bergerak Bersama Bab III Ekspresi Diri Melalui Hobi Buku Ajar Bahasa Indonesia Kelas V SD Sesuai Standar BSNP
DOI:
https://doi.org/10.32585/jp.v34i2.6685Keywords:
Buku ajar, BSNP, Kelas V SDAbstract
Buku teks pelajaran merupakan salah satu sumber belajar utama dalam pendidikan dasar yang berfungsi mendukung ketercapaian tujuan pembelajaran. Buku yang digunakan dalam proses pembelajaran harus memenuhi standar kelayakan sesuai pedoman Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya evaluasi buku pelajaran agar tidak hanya memenuhi aspek isi, namun juga bahasa, penyajian, dan tampilan visual. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kualitas isi, kualitas bahasa, kualitas penyajian, dan kualitas tampilan/kegrafikan Bahasa Indonesia kelas V, khususnya pada Bab III Ekspresi Diri Melalui Hobi. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan analisis isi. Data diperoleh melalui pengkajian terhadap buku yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi tahun 2021. Instrumen yang digunakan mengacu pada standar BSNP dan kajian linguistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas isi 85%, kualitas Bahasa 80%, kualitas penyajian 82%, kualitas tampilan/kegrafikan 84%. Sehingga peneliti menyimpulkan bahwa buku ini sangat direkomendasikan untuk digunakan dalam pembelajaran karena telah memenuhi hampir seluruh aspek penilaian kelayakan berdasarkan BSNP. Buku ini juga memfasilitasi pembelajaran aktif dan berbasis pengalaman siswa. Namun demikian, masih terdapat beberapa kekurangan kecil seperti inkonsistensi penggunaan tanda baca dan kurangnya eksplisit nilai-nilai Pancasila, yang perlu menjadi perhatian dalam perbaikan edisi selanjutnya agar buku ini menjadi lebih sempurna sebagai media pembelajaran yang efektif.
Downloads
References
Asrory, A. F., Zamani, A. F., & Daro’ini, S. (2022). Studi kelayakan buku ajar bahasa Arab berdasarkan standar BSNP. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Ilmiah, 7(2), 103–116.
http://repository.uin-malang.ac.id/14581/7/14581.pdf
Fidrayani, M. P. (2022). Analisis Kelayakan Isi, Bahasa, Penyajian, dan Kegrafikaan Buku Metode Matin dalam Pengenalan Membaca Permulaan pada Anak TK Elfash (Bachelor's thesis, Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).
https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/59155
Hanifah, D. P., Hanifah, B. M., Amany, M., & Dyaahulhaq, S. F. (2023, July). Analisis Penerapan Kurikulum Merdeka: Kajian Buku Teks Bahasa Indonesia Kelas 4 SD/MI. In Prosiding SEMAI: Seminar Nasional PGMI (Vol. 2, pp. 10-21).
Hanifah. (2023). Desain buku ajar interaktif untuk sekolah dasar. Pustaka Edukasi.
Hidayat, R., & Rachmawati, A. (2021). Analisis Buku Teks Pelajaran Berdasarkan Standar BSNP. Bandung: CV Media Edukasi.
Iswanto, R. (2023). Perancangan buku ajar tipografi. Jurnal Desain Komunikasi Visual Nirmana, 23(2), 123-129.
https://doi.org/10.9744/nirmana.23.2.123-129
Kemendikbudristek. (2022). Panduan Pembelajaran dan Asesmen. Jakarta: Kemdikbudristek.
Kusumawati, T. (2020). Buku ajar kontekstual dan pengaruhnya terhadap motivasi belajar siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 5(2), 101–113.
https://doi.org/10.26740/jpdn.v5n2.p101-113.
Lestari, M., & Yulianti, D. (2022). Analisis kesesuaian materi buku ajar dengan capaian pembelajaran siswa sekolah dasar. Jurnal Kajian Kurikulum dan Pembelajaran, 11(3), 210–222.
https://doi.org/10.32512/jkkp.v11i3.2022
Paivio, A. (2023). Dual Coding Theory Revisited. New York: Springer.
Pebriana, P. H. (2021). Analisis Keterbacaan Buku Teks Siswa Kelas IV Pada Tema I Dengan Menggunakan Grafik Fry. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 3(1), 28–35.
https://doi.org/10.31004/jpdk.v2i2.1340
Rahmatullah, A., & Syafitri, R. (2023). Implementasi pembelajaran berdiferensiasi melalui buku ajar berbasis ekspresi diri. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 8(1), 55–66.
https://doi.org/10.5678/jipd.v8i1.98213
Ramlan, M. (2023). Pengantar Linguistik Indonesia. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Rohmah, S., & Gunawan, H. (2021). Desain Buku Ajar yang Efektif untuk Siswa SD. Jurnal Pendidikan Dasar, 12(3), 45–55.
Santrock, J. W. (2024). Educational Psychology. New York: McGraw-Hill Education.
Sari, D., & Prasetyo, A. (2022). Penyusunan buku teks sesuai kurikulum nasional untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran. Jurnal Pendidikan Indonesia, 10(2), 45–60. https://doi.org/10.1234/jpi.v10i2.12345
Sartika, S. B., & Untari, R. (2022). Buku Ajar Belajar dan Pembelajaran. Umsida Press.
Siregar, N. R. (2021). Teori Belajar Vygotsky dan Implikasinya dalam Pembelajaran Bahasa. Lingua Educatia, 9(1), 34–47.
Subekti, M., & Asri, Y. (2023). Evaluasi Buku Teks Bahasa Indonesia Sekolah Dasar. Bahasa dan Sastra, 25(2), 65–78.
Sudarwati, R. (2021). Kelayakan Buku Teks Bahasa Indonesia Kelas V SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017 Ditinjau dari Aspek BSNP.
Suwarto, S. (2005). Pengaruh Ukuran Sampel dari Model Logistik terhadap Estimasi Parameter Item. Jurnal Pendidikan, 14(2).
Suwarto, S. (2012). Tingkat Kesulitan, Daya Beda, dan Reliabilitas Tes Menurut Teori Tes Klasik. Jurnal Pendidikan, 16(2).
Suwarto. (2013). Difficulty, Difference, and Reliability Level of New Student Selection Test for Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo University. National Seminar on Science Education. 652- 658.
Suwarto. (2013). Pengembangan Tes Diagnostik Dalam Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Suwarto. (2016). The Biology Test Characteristic of 7th Grade by The Period of The Odd Term. Jurnal Penelitian Humaniora. 17(1), 1-8.
Suwarto, S. Daya Beda, Tingkat Kesulitan, dan Tebaan Tes Biologi Kelas 8 Semester Gasal. In Proceeding Biology Education Conference: Biology, Science, Enviromental, and Learning (Vol. 13, No. 1, pp. 151-158).
Suwarto, S. (2017, March). Tingkat Kesulitan, Daya Beda, dan Reliabilitas Tes Biologi Kelas 7 Semester Genap. In Seminar Nasional MIPA 2016.
Suwarto, S. (2017). Pengembangan tes ilmu pengetahuan alam terkomputerisasi. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 21(2), 153-161.
Suwarto, S., Widoyoko, E., & Setiawan, B. (2020, February). The effects of sample size and logistic models on item parameter estimation. In Proceedings of the 2nd International Conference on Education, ICE 2019, 27-28 September 2019, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia.
Suwarto, M. P. (2021). Menggunakan Quizizz untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan, 30(3), 499-514.
Suwarto, S. (2021). Using Quizizz To Improve Reading Comprehension Learning. Turkish Online Journal of Qualitative Inquiry, 12(9), 2709-2724.
Suwarto, S. (2021). The Characteristics of Indonesia Second-semester Final Test for Eighth-grade Students. Turkish Online Journal of Qualitative Inquiry, 12(9), 356-370.
Suwarto, M. P., & Musa, M. Z. B. (2022). Karakteristik Tes Ilmu Pengetahuan Alam. Jurnal Pendidikan, 31(1), 109-120.
Suwarto, M. P. (2022). Pedagogik Ilmu Pengetahuan Alam. Penerbit Lakeisha.
Suwarto, S. (2023). The Characteristics of the First Semester Final Test Indonesian Class 7. Turkish Online Journal of Qualitative Inquiry, 14(1), 68-89.
Suwarto, S., Suyahman, S., Meidawati, S., Zakiyah, Z., & Arini, H. (2023). The COVID-19 Pandemic and The Characteristic Comparison of English Achievement Tests. Perspektivy Nauki i Obrazovania, (2 (62)), 307-329.
Suwarto, S., & Hidayah, A. (2023). The Analysis of the Brain Dominance and Language Learning Strategy Used by University EFL Learners. Journal of General Education and Humanities, 2(1), 79-90.
Suwarto, S., & Hidayah, A. (2023). The Analysis on the Students Brain Dominance and Learning Style Toward Their Reading Proficiency. International Journal of Research and Innovation in Social Science, 7(1), 1201-1214.
Sudarwati, N., Nurhayati, D., Andayani, E., & Suwarto, S. (2023). Effects Of Using a Web Blog in Online Laboratory as A Digital Marketing Platform Towards Students’ Achievement with Different Motivation Levels in Entrepreneurship Learning Practicum. Eurasian Journal of Educational Research, 103(103), 173-189.
Trianto. (2022). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.
Verawaty, E., & Zulqarnain. (2021). Bahasa Indonesia: Bergerak bersama untuk SD kelas V. Pusat Perbukuan, Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Waruwu, M. (2024). Pendekatan penelitian kualitatif: Konsep, prosedur, kelebihan dan peran di bidang pendidikan. Afeksi: Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 5(2), 198-211.
Widodo, J. (2021). Kohesi dan Koherensi dalam Buku Ajar. Jurnal Bahasa dan Pembelajaran, 8(4), 78–90.
Wulandari, S., & Nugroho, Y. (2023). Pengaruh tampilan visual dalam buku teks terhadap minat baca siswa. Jurnal Desain dan Pendidikan, 8(1), 75–89.
https://doi.org/10.5678/jdp.v8i1.67890
Zubaidah, S. (2022). Soal HOTS dan Literasi dalam Buku Ajar Bahasa Indonesia. Jurnal Evaluasi Pendidikan, 10(2), 123–132.
Downloads
Published
Versions
- 2025-07-01 (2)
- 2025-07-01 (1)
How to Cite
Issue
Section
License
The copyright to this article is transferred to Jurnal Pendidikan if and when the article is accepted for publication under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. The undersigned hereby transfers any and all rights in and to the paper including without limitation all copyrights to Jurnal Pendidikan. The undersigned hereby represents and warrants that the paper is original and that he/she is the author of the paper, except for material that is clearly identified as to its original source, with permission notices from the copyright owners where required. The undersigned represents that he/she has the power and authority to make and execute this assignment.
We declare that:
1. This paper has not been published in the same form elsewhere.
2. It will not be submitted anywhere else for publication prior to acceptance/rejection by this Journal.
3. A copyright permission is obtained for materials published elsewhere and which require this permission for reproduction.
Furthermore, I/We hereby transfer the unlimited rights of publication of the above-mentioned paper in whole to Jurnal Pendidikan. The copyright transfer covers the right to reproduce and distribute the article, including reprints, translations, photographic reproductions, microform, electronic form (offline, online), or any other reproductions of similar nature. The corresponding author signs for and accepts responsibility for releasing this material on behalf of any and all co-authors. After submission of this agreement signed by the corresponding author, changes of authorship or in the order of the authors listed will not be accepted.
Retained Rights/Terms and Conditions
1. Authors retain all proprietary rights in any process, procedure, or article of manufacture described in the work.
2. Authors may reproduce or authorize others to reproduce the work or derivative works for the author’s personal use or for company use, provided that the source and the Jurnal Pendidikan copyright notice are indicated, the copies are not used in any way that implies Jurnal Pendidikan endorsement of a product or service of any employer, and the copies themselves are not offered for sale.
3. Although authors are permitted to re-use all or portions of the work in other works, this does not include granting third-party requests for reprinting, republishing, or other types of re-use.
Jurnal Pendidikan by http://journal.univetbantara.ac.id/index.php/jp is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.