Analisis penggunaan aplikasi whatsapp terhadap pembelajaran daring (studi kasus mahasiswa pendidikan biologi FKIP UM parepare)

Authors

  • Nurul Latifah Thahir Universitas Muhammadiyah Parepare
  • Patahuddin Patahuddin Universitas Muhammadiyah Parepare
  • Jusmiati Jafar Universitas Muhammadiyah Parepare http://orcid.org/0000-0002-1718-5844
  • Amri Amri Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Kependidikan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Parepare, Sulawesi Selatan, Indonesia.

DOI:

https://doi.org/10.32585/jbl.v3i1.1349

Keywords:

Aplikasi Whatsapp, Pembelajaran Daring

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara penggunaan aplikasi WhatsApp pada pembelajaran online mahasiswa pendidikan biologi angkatan 2017 FKIP UM Parepare. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian ex-post facto dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juli-September 2020. Sampel penelitian adalah seluruh mahasiswa Prodi Pendidikan Biologi angkatan 2017 yang masih aktif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa kategorisasi penggunaan aplikasi WhatsApp dan pembelajaran online mata pelajaran Biologi angkatan 2017 berada pada kategori sangat tinggi. Ada hubungan yang kuat (nilai sig (p) 0,000) penggunaan aplikasi WhatsApp terhadap pembelajaran online mahasiswa Pendidikan Biologi angkatan 2017 FKIP UM Parepare.

Author Biographies

Nurul Latifah Thahir, Universitas Muhammadiyah Parepare

Pendidikan Biologi FKIP UM Parepare

Patahuddin Patahuddin, Universitas Muhammadiyah Parepare

Pendidikan Biologi FKIP UM Parepare

Jusmiati Jafar, Universitas Muhammadiyah Parepare

Pendidikan Biologi FKIP UM Parepare

Amri Amri, Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Kependidikan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Parepare, Sulawesi Selatan, Indonesia.

Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Kependidikan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Parepare, Sulawesi Selatan, Indonesia.

References

Abdulhak, I dan Deni, D. (2015). Teknologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Afnibar dan Fajhriani. (2020). Pemanfaatan WhatsApp Sebagai Media Komunikasi Antara Dosen dan Mahasiswa dalam Menunjang Kegiatan Belajar (Studi Terhadap Mahasiswa UIN Imam Bonjol Padang. Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam.11(1), 70-83.

Basori. (2013). Pemanfaatan Social Learning Network “Edmodo” dalam Membantu Perkuliahan Teori Bodi Otomotif di Prodi PTM JPTK FKIP UNS. Jurnal JIPTEK, VI, 99-105.

Gikas, J., & Grant, M. M. (2013). Mobile computing devices in higher education: Student perspectives on learning with cellphones, smartphones & social media. The Internet and Higher Education, 19, 18-26.

Jumiatmoko, M. (2016). Whatsapp Messenger dalam Tinjauan Manfaat dan Adab. Wahana Akademika: Jurnal Studi Islam Dan Sosial, 3 (1), 51. https://doi.org/10.21580/wa.v3i1.872.

Kamila, P. H. 2019. Pengaruh Pemanfaatan Media Sosial Whatsapp terhadap Motivasi Belajar Bahasa Indonesia di SMP Islam Al Wahab Jakarta. Skripsi. UIN Syarif Hidayatullah. Jakarta. (Unpublished).

Kuntarto, E. (2017). Keefektifan model pembelajaran daring dalam perkuliahan bahasa Indonesia di perguruan tinggi. Indonesian Language Education and Literature, 3(1), 99-110.

Kuo, Y. C., Walker, A. E., Schroder, K. E., & Belland, B. R. (2014). Interaction, Internet self-efficacy, and self-regulated learning as predictors of student satisfaction in online education courses. The internet and higher education, 20, 35-50.

Handarini, O. I., & Wulandari, S. S. (2020). Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH) Selama Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(3), 496-503.

Pangestika, L. N. (2018). Pengaruh Pemanfaatan Media Sosial Whatsapp terhadap Penyebaran Informasi Pembelajaran di SMAN 5 DEPOK. Skripsi. UIN Syarif Hidayatullah. Jakarta. (Unpublished).

Pangondian, R. A., Santosa, P. I., & Nugroho, E. (2019, February). Faktor-faktor yang mempengaruhi kesuksesan pembelajaran daring dalam revolusi industri 4.0. In Seminar Nasional Teknologi Komputer & Sains (SAINTEKS) (Vol. 1, No. 1).

Prajana, A. (2017). Pemanfaatan Aplikasi Whatsapp untuk Media Pembelajaran dalam Lingkungan UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Cyberspace: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 1 (2), 122. https://doi.org/10.22373/cs.v1i2.1980.

Rani, M. S. (2019). Persepsi Siswa dalam Studi Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Minat Belajar IPA. Jurnal Pendidikan Islam dan Multikulturalisme. 1(2).

So, S. (2016). Mobile instant messaging support for teaching and learning in higher education. The Internet and Higher Education, 31, 32-42.

Suryadi, dkk. (2018). Penggunaan Sosial Media WhatsApp Dan Pengaruhnya Terhadap Disiplin Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Islam. 7 (1). 1-22.

Trisnani. (2017). Pemanfaatan Whatsapp sebagai Media Komunikasi dan WhatsApp Utilization As Media Communication and Satisfaction In Submission of Messages among People of the Community. Jurnal Komunikasi Media dan Informatika, 6 (3), 1-12.

Oknisih, N., & Suyoto, S. (2019). Penggunaan Aplen (Aplikasi Online) Sebagai Upaya Kemandirian Belajar Siswa. In Seminar Nasional pendidikan Dasar. Vol. 1, No. 01.

Oktavian, R., & Aldya, R. F. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Terintegrasi di Era Pendidikan 4.0. Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan, 20 (2). https://doi.org/10.30651/didaktis.v20i2.4763

Wicaksono dan Prajanaya, H. (2018). Pemanfaatan Aplikasi Whatsapp (WA) di Kalangan Pelajar: Studi Kasus di MTS Al Muddatsiriyah dan MTS Jakarta Pusat Universitas YARSI. Jurnal ORBITH, 14 (1), 59-67.

Published

2021-03-31

How to Cite

Thahir, N. L., Patahuddin, P., Jafar, J., & Amri, A. (2021). Analisis penggunaan aplikasi whatsapp terhadap pembelajaran daring (studi kasus mahasiswa pendidikan biologi FKIP UM parepare). Journal of Biology Learning, 3(1), 34–40. https://doi.org/10.32585/jbl.v3i1.1349

Issue

Section

Artikel