Pemanfaatan aplikasi google oleh guru di sekolah dalam menunjang proses pembelajaran secara daring

Authors

  • Rina Hidayati Pratiwi Program Studi Pendidikan MIPA, Fakultas Pasca Sarjana, Universitas Indraprasta PGRI, Indonesia http://orcid.org/0000-0002-2860-1778
  • Endang Sulistyaniningsih Program Studi Informatika, FTIK, Universitas Indraprasta PGRI, Indonesia
  • Syahid Syahid Program Studi Desain Komunikasi Visual, FIPPS, Universitas Indraprasta PGRI, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32585/jbl.v3i1.1351

Keywords:

Pembelajaran Daring, Aplikasi Google, Guru

Abstract

Faktor utama permasalahan mitra adalah belum memaksimalkan sepenuhnya media pembelajaran berbasis aplikasi google teknologi informatika atau komputer yang seharusnya sudah bisa diaplikasikan dalam kegiatan pembelajaran terutama di masa pandemi seperti saat ini. Dari alasan tersebut, maka tujuan dari studi ini ialah untuk mengetahui seberapa pentingnya aplikasi google bagi kebutuhan para guru dalam memberikan pembelajaran secara daring di tengah pandemi Covid-19. Metode yang ditawarkan berupa pelatihan sekaligus pendampingan intensif selama 3-5 kali tatap muka berupa penguasaan beberapa aplikasi google di komputer atau telepon selular untuk seluruh guru-guru/ staf pengajar di sekolah, selanjutnya diberikan kuesioner dan evaluasi. Dari peserta guru sebagai sampel kuesioner pembelajaran daring, hanya 11,11% yang menyatakan bahwa aplikasi google tidak atau kurang membantu mereka dalam menyelesaikan tugas/pekerjaan di kegiatan belajar dan pembelajaran. Namun hanya sebanyak 55,55% yang menyatakan tidak menemukan kesulitan dalam penggunaan aplikasi google, itu pun yang sifatnya familiar. Hal tersebut diduga karena seringnya menggunakan aplikasi-aplikasi tersebut sehingga akhirnya terbiasa dan menjadi mudah. Jadi, berdasarkan hasil kuesioner ini disimpulkan bahwa para guru masih perlu diberikan pelatihan terkait sosialisasi penggunaan aplikasi google karena masih banyaknya aplikasi google yang belum familiar digunakan sebagai media untuk pembelajaran daring

Author Biographies

Rina Hidayati Pratiwi, Program Studi Pendidikan MIPA, Fakultas Pasca Sarjana, Universitas Indraprasta PGRI, Indonesia

Faculty of Post Graduated

Endang Sulistyaniningsih, Program Studi Informatika, FTIK, Universitas Indraprasta PGRI, Indonesia

Program Studi Informatika, FTIK, Universitas Indraprasta PGRI

Syahid Syahid, Program Studi Desain Komunikasi Visual, FIPPS, Universitas Indraprasta PGRI, Indonesia

Program Studi Desain Komunikasi Visual, FIPPS, Universitas Indraprasta PGRI

References

Apsita, D. N., Wiharti, T., & Suwarto, S. (2019). Peningkatan Aktivitas dan hasil Belajar Biologi Melalui Problem Based Learning Pada Siswa Kelas Xl MIPA 1 SMA Negeri 1 Tawangsari. Journal of Biology Learning, 1(2), 95–103. https://doi.org/10.32585/.v1i2.507

Gunawan, F. I., & Sunarman, S. G. (2017). Pengembangan Kelas Virtual Dengan Google Classroom Dalam Keterampilan Pemecahan Masalah (Problem Solving) Topik Vektor Pada Siswa Smk Untuk Mendukung Pembelajaran. In Prosiding Seminar Nasional Etnomatnesia (pp. 340–348).

Hakim, A. B. (2016). Efektifitas Penggunaan E-Learning Moodle, Google Classroom Dan Edmodo. I-Statement, 2(1), 1–4.

Hanum, N. S. (2013). Keefetifan e-learning sebagai media pembelajaran (studi evaluasi model pembelajaran e-learning SMK Telkom Sandhy Putra Purwokerto). Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(1), 90–102. https://doi.org/10.21831/jpv.v3i1.1584

Hapsari, M. J. (2019). Penggunaan Aplikasi Google Classroom Dalam Pembelajaran Matematika Tipe Think Pair Share Di SMKN 3 Banjarmasin. SENPIKA II (Seminar Nasional Pendidikan Matematika), Prodi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin, 12 Oktober 2019, 153–161.

Herianus. (2020). Penggunaan aplikasi google classroom sebagai media pembelajaran dalam meningkatkan kompetensi guru pada masa pandemi covid-19. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(2), 542–547.

Maryeni, Y. (2013). Aplikasi E-Learning sebagai Model Pembelajaran berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Vokasi, 9(1), 27–39.

Mulatsih, B. (2020). Penerapan Aplikasi Google Classroom , Google Form , Dan Quizizz Dalam Pembelajaran Kimia Di Masa Pandemi Covid-19 Application of Google Classroom , Google Form and Quizizz in Chemical Learning During the Covid-19 Pandemic. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(1), 16–26.

Nopriadi. (2016). ANALISA PENGARUH GOOGLE APPS FOR EDUCATION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMP DI KOTA BATAM. Jurnal Ilmiah Media Processor, 11(1), 720–730. Retrieved from http://processor.stikom-db.ac.id/index.php/processor/article/view/90/107

Priyatna, S. E. (2016). Pemanfaatan Fasilitas Google dalam Perkuliahan di Fakultas Dakwah, 4(7), 55–58.

Rahmad, R., Adria Wirda, M., Berutu, N., Lumbantoruan, W., & Sintong, M. (2019). Google classroom implementation in Indonesian higher education. Journal of Physics: Conference Series, 1175(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1175/1/012153

Sabran, & Sabara, E. (2019). Keefektifan Google Classroom sebagai media pembelajaran. PROSIDING SEMINAR NASIONAL LEMBAGA PENELITIAN UNIVERSITAS NEGERI Makasar, 122–125.

Salamah, W. (2020). Deskripsi Penggunaan Aplikasi Google Classroom dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(3), 533–538.

Soni, Hafid, A., Hayami, R., Fatma, Y., Wenando, F. A., Amien, J. Al, … Hasanuddin. (2018). Optimalisasi Pemanfaatan Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran Di SMK Negeri 1 Bangkinang. Jurnal Pengabdian Untuk Mu NegeRI, 2(1), 17–20.

Suyoso, Y. A., Astusi, E. S., & Yuniarto, S. R. (2016). Analisis Penggunaan Google dan Pengaruh terhadap Kinerja ( Studi Pada Mahasiswa S-1 Angkatan 2013-2014 Program Studi Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya ). Jurnal Administrasi Bisnis, 39(2), 135–140.

Downloads

Published

2021-03-31

How to Cite

Pratiwi, R. H., Sulistyaniningsih, E., & Syahid, S. (2021). Pemanfaatan aplikasi google oleh guru di sekolah dalam menunjang proses pembelajaran secara daring. Journal of Biology Learning, 3(1), 41–47. https://doi.org/10.32585/jbl.v3i1.1351

Issue

Section

Artikel