Pengaruh Penggunaan Peta Konsep Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI IPA SMA

Authors

  • Mutiara Frida Yanti Pendidikan Biologi, Universitas Bung Hatta, Indonesia
  • Gusmaweti Gusmaweti Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas Bung Hatta, Indonesia
  • Rona Taula Sari Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas Bung Hatta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32585/jbl.v3i2.1749

Keywords:

Peta Konsep Pembelajaran, Eksperimen, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh peta konsep terhadap hasil belajar biologi siswa kelas XI IPA SMAN 13 Padang Tahun Pelajaran 2016/2017. Jenis penelitiannya adalah eksperimen. Sampel penelitian sebanyak 64 orang diperoleh melalui teknik purposive sampling dan menghasilkan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen pengumpulan data berupa soal tes hasil belajar ranah kognitif dan lembar observasi penilaian ranah afektif dan psikomotor. Analisis data menggunakan uji normalitas, homogenitas dan hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aspek kognitif pada kelas eksperimen memiliki mean 82,18 dengan persentase 65,625% dan kelas kontrol 70,46 dengan persentase 37,5%. Nilai rata-rata aspek afektif pada siswa kelas kontrol 83,43 dengan predikat sangat baik dan psikomotor 84,89 dengan predikat baik sedangkan nilai rata-rata afektif pada kelas kontrol 76,29 dengan predikat baik pada aspek psikomotor 73,03 dengan predikat cukup. Disimpulkan bahwa penggunaan peta konsep berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. Saran diharapkan kepada guru mata pelajaran biologi agar dapat lebih menerapkan peta konsep dalam pembelajaran untuk meningkatkan daya pikir, kreativitas dan ide siswa.

Author Biographies

Mutiara Frida Yanti, Pendidikan Biologi, Universitas Bung Hatta, Indonesia

Pendidikan Biologi, Universitas Bung Hatta, Indonesia

Gusmaweti Gusmaweti, Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas Bung Hatta, Indonesia

Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas Bung Hatta, Indonesia

Rona Taula Sari, Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas Bung Hatta, Indonesia

Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas Bung Hatta, Indonesia

References

Abidin, Z. (2004). Pemahaman Konseptual dan Prosedural dalam Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(17).

Arends, R. I. (2012). Learning to Teach (ninth edit). New York: McGraw-Hill.

Barenholz, H., & Tamir, P. (1992). A Comprehensive use of Concept Mapping in Design Instruction and Assessment. Research in Science & Technological Education, 10(1), 37–52. https://doi.org/10.1080/0263514920100104

Daniela, C. C., Popescu, F. F., Ioan, P. A., & Andrei, V. (2015). Conceptual Maps and Integrated Experiments for Teaching/Learning Physics of Photonic Devices. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 191, 512–518. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.04.284

Fahzurrohman, M. (2015). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Jakarta: Ar-Ruzz Media.

Hasan, A., Zubaidah, S., & Mahanal, S. (2014). Implementasi Model Pembelajaran Reading Map Student Teams Achievement Divisions untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis dan Hasil Belajar Biologi Peserta Didik Kelas X IPA SMA Insan Cendekia Shalahudin Malang. In Biologi, Sains, Lingkungan, dan Pembelajarannya. Seminar NasionalXI, Prodi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

Lufri. (2007). Strategi Pembelajaran Biologi Teori, Praktik, dan Penelitian. Padang: UNP Press.

Novak, J. D. (2000). The Theory Underlying Concept Maps and How To Construct Them. Cornell University. Technical Report IHMC CmapTools 2006-01 Rev 01-2008.

Nurhayati, A. (2010). Pengaruh Strategi Peta Konsep (Concept Mapping) Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa. UIN.

Pangestuti, A. A., Susilo, H., & Zubaidah, S. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Biologi Berbasis Reading – Concept Map –Teams Games Tournaments Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas X IPA 4 SMA Laboratorium Um. In Biologi, Sains, Lingkungan, dan Pembelajarannya. Seminar NasionalX I, Prodi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Sebelas Maret, Surakarta. (Vol. 11, pp. 963–968). Retrieved from http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/prosbio/article/view/4985

Plotnick, E. (1997). Concept mapping: a graphical system for understanding the relationship between concepts. ERIC Digest, (1), 1–7. Retrieved from http://www.ericdigests.org/1998-1/concept.htm

Trianto. (2009). Mendesain model pembelajaran inovatif-progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Trianto. (2011). Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Kostruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Wulansari, B., Hanik, N. R., & Nugroho, A. A. (2019). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) disertai Mind Mapping untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Tawangsari. Journal of Biology Learning, 1(1), 47–52. https://doi.org/10.32585/.v1i1.250

Downloads

Published

2021-10-01

How to Cite

Yanti, M. F., Gusmaweti, G., & Sari, R. T. (2021). Pengaruh Penggunaan Peta Konsep Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI IPA SMA. Journal of Biology Learning, 3(2), 75–80. https://doi.org/10.32585/jbl.v3i2.1749