Strategi Komunikasi Pemasaran Obyek Wisata Batu Seribu Oleh Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata
Keywords:
Strategi Komunikasi Pemasaran, Media Sosial, DisporaparAbstract
Strategi Komunikasi Pemasaran Obyek Wisata Batu Seribu Oleh Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Sukoharjo. Skripsi S1. Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial san Hukum, Universitas Veteran Bangun Nusantara, Sukoharjo. Tahun 2024. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pemasaran yang diterapkan oleh Dinas Pariwisata dalam mempromosikan obyek wisata Batu Seribu. Batu Seribu adalah salah satu destinasi wisata yang ada di Kabupaten Sukoharjo yang memiliki potensi besar untuk menarik wisatawan, baik lokal maupun mancanegara, namun belum sepenuhnya dikenal luas. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan pihak Dinas Pariwisata, pengamatan lapangan, serta analisis dokumentasi terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran yang diterapkan meliputi penggunaan media sosial, penyelenggaraan event pariwisata. Penelitian ini menyimpulkan bahwa meskipun strategi yang diterapkan sudah cukup efektif, masih diperlukan peningkatan dalam aspek koordinasi antara berbagai pihak terkait dan optimalisasi penggunaan teknologi informasi untuk menjangkau pasar yang lebih luas. Rekomendasi yang diberikan antara lain adalah peningkatan dalam promosi, pelatihan bagi masyarakat lokal mengenai pentingnya pariwisata, serta pengembangan konten promosi yang lebih kreatif dan menarik.
Downloads
References
Ardiana, E. I., Suryono, J., Gama, B., & Setyo, B. (2024). Utilization of Instagram @ posaja _ sragen for Marketing Communication to Promote PT Pos Indonesia Sragen Products. Revenue Journal: Management and Entrepreneurship, 2(March), 63–81.
Chang, A. Y. P. (2017). A study on the effects of Sales Promotion on consumer involvement and purchase intention in Tourism industry. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 13(12), 8323–8330. https://doi.org/10.12973/ejmste/77903
Hardani, A. P., & Suryono, J. (2023). Marketing Communication Strategy for Shafira Store Surakarta Using Instagram Social Media Platform for Effective Engagement. Revenue Journal: Management and Entrepreneurship, 1(August), 151–164.
Idastin, I., & Abid, M. (2021). Strategi Promosi Wisata Pada Dinas Pariwisata Kabupaten Mamasa. MITZAL (Demokrasi, Komunikasi Dan Budaya): Jurnal Ilmu Pemerintahan Dan Ilmu Komunikasi, 5(1), 1–11. https://doi.org/10.35329/mitzal.v5i1.1839
Majid, G. M. (2019). A Study on “Tourism Ambassadors” in Indonesia Content Analysis, Instagram Accounts, and Tourism Promotion Strategy. 317–326. https://doi.org/10.1109/INFOMAN.2019.8714684
Pearce, P. L., Moscardo, G., & Ross, G. F. (1996). Tourism community relationships (Vol. 4).
Prastiyanti, D. P., & Yulianto, Y. (2019). Media promosi pada dinas pariwisata daerah istimewa yogyakarta dalam meningkatkan kunjungan wisatawan. 2(2), 174–184. https://doi.org/10.17509/JITHOR.V2I2.20993
Rama, B. W., & Sinduwiatmo, K. (2022). Marketing Communication Strategy for Tourism Sidoarjo in Developing Regional Tourism Potential: Strategi Komunikasi Pemasaran Bidang Pariwisata Sidoarjo dalam Pengembangan Potensi Pariwisata Daerah. 19, 1–8.
Suryani, A. I. (2017). Strategi Pengembangan Pariwisata Lokal. Jurnal Spasial, 3(1). https://doi.org/10.22202/js.v3i1.1595
Suryono, J., Rahayu, N. T., Astuti, P. I., & Widarwati, N. T. (2020). Successful Social Media Advertising Activities For Micro, Small And Medium Enterprises. Mediator: Jurnal Komunikasi, 13(1), 31–40. https://doi.org/10.29313/mediator.v13i1.5782
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Lily Tunjung Putih Setiatita, Yoto Widodo, Joko Suryono

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan dengan Media and Empowerment Communication Journal (MECOMM) menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memegang hak cipta dan memberikan jurnal hak untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons (CC BY-SA 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya dalam jurnal ini .
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.