Strategi Komunikasi Pemasaran Obyek Wisata Batu Seribu Oleh Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata

Authors

  • Lily Tunjung Putih Setiatita Universitas Veteran Bangun Nusantara
  • Yoto Widodo Universitas Veteran Bangun Nusantara
  • Joko Suryono Universitas Veteran Bangun Nusantara

Keywords:

Strategi Komunikasi Pemasaran, Media Sosial, Disporapar

Abstract

Strategi Komunikasi Pemasaran Obyek Wisata Batu Seribu Oleh Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Sukoharjo. Skripsi S1. Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial san Hukum, Universitas Veteran Bangun Nusantara, Sukoharjo. Tahun 2024. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pemasaran yang diterapkan oleh Dinas Pariwisata dalam mempromosikan obyek wisata Batu Seribu. Batu Seribu adalah salah satu destinasi wisata yang ada di Kabupaten Sukoharjo  yang memiliki potensi besar untuk menarik wisatawan, baik lokal maupun mancanegara, namun belum sepenuhnya dikenal luas. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan pihak Dinas Pariwisata, pengamatan lapangan, serta analisis dokumentasi terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran yang diterapkan meliputi penggunaan media sosial, penyelenggaraan event pariwisata. Penelitian ini menyimpulkan bahwa meskipun strategi yang diterapkan sudah cukup efektif, masih diperlukan peningkatan dalam aspek koordinasi antara berbagai pihak terkait dan optimalisasi penggunaan teknologi informasi untuk menjangkau pasar yang lebih luas. Rekomendasi yang diberikan antara lain adalah peningkatan dalam  promosi, pelatihan bagi masyarakat lokal mengenai pentingnya pariwisata, serta pengembangan konten promosi yang lebih kreatif dan menarik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ardiana, E. I., Suryono, J., Gama, B., & Setyo, B. (2024). Utilization of Instagram @ posaja _ sragen for Marketing Communication to Promote PT Pos Indonesia Sragen Products. Revenue Journal: Management and Entrepreneurship, 2(March), 63–81.

Chang, A. Y. P. (2017). A study on the effects of Sales Promotion on consumer involvement and purchase intention in Tourism industry. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 13(12), 8323–8330. https://doi.org/10.12973/ejmste/77903

Hardani, A. P., & Suryono, J. (2023). Marketing Communication Strategy for Shafira Store Surakarta Using Instagram Social Media Platform for Effective Engagement. Revenue Journal: Management and Entrepreneurship, 1(August), 151–164.

Idastin, I., & Abid, M. (2021). Strategi Promosi Wisata Pada Dinas Pariwisata Kabupaten Mamasa. MITZAL (Demokrasi, Komunikasi Dan Budaya): Jurnal Ilmu Pemerintahan Dan Ilmu Komunikasi, 5(1), 1–11. https://doi.org/10.35329/mitzal.v5i1.1839

Majid, G. M. (2019). A Study on “Tourism Ambassadors” in Indonesia Content Analysis, Instagram Accounts, and Tourism Promotion Strategy. 317–326. https://doi.org/10.1109/INFOMAN.2019.8714684

Pearce, P. L., Moscardo, G., & Ross, G. F. (1996). Tourism community relationships (Vol. 4).

Prastiyanti, D. P., & Yulianto, Y. (2019). Media promosi pada dinas pariwisata daerah istimewa yogyakarta dalam meningkatkan kunjungan wisatawan. 2(2), 174–184. https://doi.org/10.17509/JITHOR.V2I2.20993

Rama, B. W., & Sinduwiatmo, K. (2022). Marketing Communication Strategy for Tourism Sidoarjo in Developing Regional Tourism Potential: Strategi Komunikasi Pemasaran Bidang Pariwisata Sidoarjo dalam Pengembangan Potensi Pariwisata Daerah. 19, 1–8.

Suryani, A. I. (2017). Strategi Pengembangan Pariwisata Lokal. Jurnal Spasial, 3(1). https://doi.org/10.22202/js.v3i1.1595

Suryono, J., Rahayu, N. T., Astuti, P. I., & Widarwati, N. T. (2020). Successful Social Media Advertising Activities For Micro, Small And Medium Enterprises. Mediator: Jurnal Komunikasi, 13(1), 31–40. https://doi.org/10.29313/mediator.v13i1.5782

Published

10-05-2024

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>