Persepsi Pengikut Akun @Feilianaveve Terhadap Konten Iklan Produk Makeup Dalam Meningkatkan Minat Beli
Kata Kunci:
TikTok, Konten Iklan, Influencer, Minat Beli, PersepsiAbstrak
Di era media sosial, TikTok menjadi platform dominan dalam penyebaran iklan digital, khususnya melalui peran influencer. Fenomena ini menciptakan cara baru dalam komunikasi pemasaran yang lebih personal dan visual. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi audiens terhadap konten iklan produk makeup yang disampaikan oleh influencer TikTok @feilianaveve serta bagaimana respons mereka dalam membentuk minat beli. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan metode studi pustaka dan wawancara mendalam. Data diperoleh melalui Google Form dari 15 pengikut akun tersebut dan divalidasi melalui wawancara langsung dengan dua informan tambahan. Hasil menunjukkan bahwa konten iklan dinilai menarik secara visual, komunikatif, dan membangun rasa percaya. Gaya penyampaian yang natural dan relatable dianggap memengaruhi keyakinan audiens dan mendorong minat beli. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa konten iklan yang disampaikan secara otentik dan sesuai dengan karakteristik audiens mampu membentuk persepsi positif dan meningkatkan minat beli. Temuan ini menunjukkan pentingnya pendekatan humanis dan jujur dalam strategi pemasaran digital, khususnya di platform berbasis visual seperti TikTok.
Unduhan
Referensi
Ghorbanzadeh, D., Natalia, K. D. V. P., Prodanova, A., Muda, I., & Suryono, J. (2023). Exploration of the concept of brand love in city branding: antecedents and consequences. Place Branding and Public Diplomacy, 0123456789. https://doi.org/10.1057/s41254-023-00312-7
Juliasari, Juli, A., Malihah, I., & Ari, L. (2022). Efektivitas Penggunaan Media Sosial Tiktok Sebagai Media Pemasaran Akun @ Somethincofficial. Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Media Sosial, 2(1), 260–265.
Nisaa, T. A., & Suryono, J. (2025). Meningkatkan Penjualan Umkm Dan Keterlibatan Pelanggan Melalui Personal Branding Periklanan Media Sosial. Bina Ilmiah, 19(1978), 5145–5156.
Panuju, R. (2019). Pemasaran Pemasaran sebagai Gejala Komunikasi dan Komunikasi sebagai Strategi Pemasaran. Kencana Prenada Media Persada.
Suryono, J., Rahayu, N. T., Astuti, P. I., & Widarwati, N. T. (2020). Successful Social Media Advertising Activities For Micro, Small And Medium Enterprises. Mediator: Jurnal Komunikasi, 13(1), 31–40. https://doi.org/10.29313/mediator.v13i1.5782
Vildira, R., Dewi, S. M., Padang, N., & Padang, A. T. (2024). Pengaruh Konten Tutorial Kecantikan di Instagram Terhadap Minat Beli Kosmetik Wajah pada Mahasiswi Tata Rias dan Kecantikan Universitas Negeri Padang. Pariwisata Indonesia (Tamasya), 1(4), 7–16.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Aqiela Putri Ramadan, Henny Sri Kusumawati

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan dengan Media and Empowerment Communication Journal (MECOMM) menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memegang hak cipta dan memberikan jurnal hak untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons (CC BY-SA 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya dalam jurnal ini .
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.