Strategi Coping Orang Dengan Hiv/Aids Dalam Menghadapi Stigma Masyarakat Di Wilayah Jakarta Timur Case Study Yayasan Tegak Tegar

Authors

  • Defradyo Ramadhan Dyo Universitas Binawan Jakarta
  • Mari Esterilita Universitas Binawan Jakarta
  • Mahatir Muhammad Universitas Binawan Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.32585/jp.v33i3.5487

Abstract

Stigma terhadap ODHA masih menjadi hambatan utama karena menimbulkan ketakutan dan membuat masyarakat tidak mau untuk melakukan tes HIV/AIDS, rasa malu untuk memulai pengobatan, dan tidak mau untuk menerima pendidikan tentang HIV/AIDS. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bentuk stigma dan strategi coping orang dengan HIV/AIDS dalam menghadapi stigma masyarakat di wilayah Jakarta Timur case study Yayasan Tegak Tegar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan studi deskriptif. Data yang didapatkan melalui hasil wawancara, observasi dan dokumentasi serta penentuan informan menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ODHA mengalami stigma masyarakat dimana stigma tersebut datang dari lingkungan sekitar para informan menetap dan tinggal yaitu lingkungan keluarga, lingkungan bertetangga, dan lingkungan pendidikan yang bukan hanya dirasakan oleh informan melainkan anggota keluarganya. Menghadapi stigma yang dialami ODHA melakukan strategi coping yang berfokus pada masalah yaitu Planful problem solving dengan melakukan pertemuan oleh beberapa pihak – pihak yang bermasalah, kemudian confrontative coping untuk merubah suatu keadaan dan seeking social support atau memilih untuk meminta pendampingan kepada Yayasan yang berfokus di bidangnya terkait dengan permasalahan yang dihadapi. Adapun stategi coping lainnya yaitu strategi coping yang berfokus pada emosi diantaranya distancing yaitu dengan mengabaikannya akan stigma yang dialaminya dan positive reappraisal yang dilakukan dengan berfikir positif bahwa orang yang memberi stigma tidak mengetahui akan HIV/AIDS.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Shaluhiyah, Z., Musthofa, S. B., & Widjanarko, B. (2015). Stigma Masyarakat terhadap Orang dengan HIV/AIDS. Kesmas: National Public Health Journal, 9(4), 333. https://doi.org/10.21109/kesmas.v9i4.740

Suwarto, S. (2005). Pengaruh Ukuran Sampel dari Model Logistik terhadap Estimasi Parameter Item. Jurnal Pendidikan, 14(2).

Suwarto, S. (2012). Tingkat Kesulitan, Daya Beda, dan Reliabilitas Tes Menurut Teori Tes Klasik. Jurnal Pendidikan, 16(2).

Suwarto. (2013). Difficulty, Difference, and Reliability Level of New Student Selection Test for Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo University. National Seminar on Science Education. 652- 658.

Suwarto. (2013). Pengembangan Tes Diagnostik Dalam Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suwarto. (2016). The Biology Test Characteristic of 7th Grade by The Period of The Odd Term. Jurnal Penelitian Humaniora. 17(1), 1-8.

Suwarto, S. Daya Beda, Tingkat Kesulitan, dan Tebaan Tes Biologi Kelas 8 Semester Gasal. In Proceeding Biology Education Conference: Biology, Science, Enviromental, and Learning (Vol. 13, No. 1, pp. 151-158).

Suwarto, S. (2017, March). Tingkat Kesulitan, Daya Beda, dan Reliabilitas Tes Biologi Kelas 7 Semester Genap. In Seminar Nasional MIPA 2016.

Suwarto, S. (2017). Pengembangan tes ilmu pengetahuan alam terkomputerisasi. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 21(2), 153-161.

Suwarto, S., Widoyoko, E., & Setiawan, B. (2020, February). The effects of sample size and logistic models on item parameter estimation. In Proceedings of the 2nd International Conference on Education, ICE 2019, 27-28 September 2019, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia.

Suwarto, M. P. (2021). Menggunakan Quizizz untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan, 30(3), 499-514.

Suwarto, S. (2021). Using Quizizz To Improve Reading Comprehension Learning. Turkish Online Journal of Qualitative Inquiry, 12(9).

Suwarto, S. (2021). The Characteristics of Indonesia Second-semester Final Test for Eighth-grade Students. Turkish Online Journal of Qualitative Inquiry, 12(9).

Suwarto, M. P., & Musa, M. Z. B. (2022). Karakteristik Tes Ilmu Pengetahuan Alam. Jurnal Pendidikan, 31(1), 109-120.

Suwarto, M. P. (2022). Pedagogik Ilmu Pengetahuan Alam. Penerbit Lakeisha.

Suwarto, S. (2023). The Characteristics of the First Semester Final Test Indonesian Class 7. Turkish Online Journal of Qualitative Inquiry, 14(1).

Suwarto, S., Suyahman, S., Meidawati, S., Zakiyah, Z., & Arini, H. (2023). The COVID-19 Pandemic and The Characteristic Comparison of English Achievement Tests. Perspektivy Nauki i Obrazovania, (2 (62)), 307-329.

Suwarto, S., & Hidayah, A. (2023). The Analysis of the Brain Dominance and Language Learning Strategy Used by University EFL Learners. Journal of General Education and Humanities, 2(1), 79-90.

Suwarto, S., & Hidayah, A. (2023). The Analysis on the Students Brain Dominance and Learning Style Toward Their Reading Proficiency. International Journal of Research and Innovation in Social Science, 7(1), 1201-1214.

Sudarwati, N., Nurhayati, D., Andayani, E., & Suwarto, S. (2023). Effects Of Using a Web Blog in Online Laboratory as A Digital Marketing Platform Towards Students’ Achievement with Different Motivation Levels in Entrepreneurship Learning Practicum. Eurasian Journal of Educational Research, 103(103), 173-189.

Downloads

Published

2024-11-01

How to Cite

Dyo, D. R., Esterilita, M., & Muhammad, M. (2024). Strategi Coping Orang Dengan Hiv/Aids Dalam Menghadapi Stigma Masyarakat Di Wilayah Jakarta Timur Case Study Yayasan Tegak Tegar . Jurnal Pendidikan, 33(3), 651–658. https://doi.org/10.32585/jp.v33i3.5487

Issue

Section

Artikel