Implementasi Layanan Inklusi Anak Berkebutuhan Khusus Tunarungu

Authors

  • Asep Supena Universitas Negeri Jakarta
  • Rossi Iskandar Universitas Trilogi Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.32585/jkp.v5i1.1018

Keywords:

Inklusi, anak berkebutuhan khusus, tunarungu

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana layanan pendidikan inklusi anak berkebutuhan khsuus tunarungu di Sekolah Luar Biasa Negeri Ciamis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukan Anak tunarungu memiliki hambatan dalam pendengaran akibatnya tunarungu kesulitan dalam berbicara. Anak tunarungu memaksimalkan indera penglihatannya sebagai jalan penyempurna dari kurangnya indera pendengaran. Mereka memiliki gerakan mata yang cepat, agak beringas. Sisa pendengaran anak tuna rungu dapat dilatih dengan latihan Bina Persepsi Bunyi dan Irama, anak tuna rungu juga dapat melatih otot-otot berbicaranya sehingga dapat berkomunikasi seperti anak normal lainnya. Pengembangan komunikasi persepsi bunyi dan irama merupakan program khusus yang dilakukan sekolah SLBN Ciamis untuk melatih kemampuan anak tunarungu di sekolah. Namun pada saat pandemic covid-19 orang tua menjadi pendamping khusus sekaligus sebagai guru selama dirumah untuk melatih berbicara anaknya menggunakan bahasa sehari hari selain dibantu melalui alat bantu mendengar yang dipandu oleh guru nya. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alasim, K. (2019). Inclusion Programmes for Students Who are Deaf and Hard of Hearing in Saudi Arabia: Issues and Recommendations. International Journal of Disability, Development, and Education, 00(00), 1–21. https://doi.org/10.1080/1034912X.2019.1628184

Bamu, B. N., De Schauwer, E., Verstraete, S., & Van Hove, G. (2017). Inclusive Education for Students with Hearing Impairment in the Regular Secondary Schools in the North-West Region of Cameroon: Initiatives and Challenges. International Journal of Disability, Development and Education, 64(6), 612–623. https://doi.org/10.1080/1034912X.2017.1313395

Elisabet, H. (2010). Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Hidup. In Erlangga.

Edja Sadjaah. 2005. Pendidikan Bahasa Bagi Anak Gangguan Pendengaran dalam Keluarga. Jakarta: Depdiknas

Handayani, E. S., & Anwar, M. (2017). Anak Tunarungu Melalui Simulation. Ijds, 4(1), 9–15.

Hernawati, T. (2007). Pengembangan Kemampuan Berbahasa Dan Berbicara Anak Tunarungu. Juni.

Heward, W. L. (2009). Exceptional Children: An Introduction to Special Educat. In Prentice Hall.

Hogan, A., & Phillips, R. (2015). Hearing impairment and hearing disability: Towards a paradigm change in hearing services. Hearing Impairment and Hearing Disability: Towards a Paradigm Change in Hearing Services, October, 1–145. https://doi.org/10.1080/1034912x.2017.1390883

Kargin, T. (2004). Effectiveness of a family-focused early intervention program in the education of children with hearing impairments living in rural areas. International Journal of Disability, Development, and Education, 51(4), 401–418. https://doi.org/10.1080/1034912042000295044

Kirk, Gallagher, Coleman, Anastasiow (2009). Introduction to exceptional children. New York: Houghton Miffl in Harcourt Publishing Company

Millar, B. (2016). Hearing impairment and hearing disability: towards a paradigm change in hearing services: Hearing impairment and hearing disability: towards a paradigm change in hearing services, edited by Anthony Hogan and Rebecca Phillips, Farnham, Ashgate, 2015, 168. Disability & Society, 31(9), 1309–1311. https://doi.org/10.1080/09687599.2016.1219513

Model Bimbingan Pengembangan Karir untuk Siswa Tunarungu. (2012). JASSI ANAKKU.

Mahmud. (2003). Definisi dan Klasifikasi Tuna Rungu. Bandung: UPI Press.

Putri, S. S., Supena, A., & Yatimah, D. (2019). Dukungan sosial orangtua anak tunarungu usia 11 tahun di SDN Perwira Kota Bogor. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia. https://doi.org/10.29210/120192318

Rachmawati, E. (2018). PENGARUH PROGRAM BIMBINGAN ORANG TUA TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA ANAK TUNARUNGU KELAS TINGGI PADA TINGKAT SEKOLAH DASAR LUAR BIASA. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD). https://doi.org/10.22219/jp2sd.v6i1.5903

Rahmah, F. N. (2018). PROBLEMATIKA ANAK TUNARUNGU DAN CARA MENGATASINYA. QUALITY. https://doi.org/10.21043/quality.v6i1.5744

Rahmatika, S. N., & Apsari, N. C. (2020). POSITIVE PARENTING: PERAN ORANG TUA DALAM MEMBANGUN KEMANDIRIAN ANAK TUNAGRAHITA. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat. https://doi.org/10.24198/jppm.v7i2.28380

Setyaningsih, M. A., & Rahmawati, R. (2019). Pelaksanaan program pembelajaran pengembangan komunikasi persepsi bunyi dan irama tahap identifikasi siswa tunarungu kelas. JPK (Jurnal Pendidikan Khusus). https://doi.org/10.21831/jpk.v14i1.25163

Setiawan, D. I., Tolle, H., & Kharisma, A. P. (2017). Perancangan Aplikasi Communication Board Berbasis Android Tablet Sebagai Media Pembelajaran dan Komunikasi Bagi Anak Tuna Rungu. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer.

Suhartini, B. (2011). Merangsang Motorik Kasar Anak Tunarungu Kelas Dasar Sekolah Luar Biasa Melalui Permainan. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia. https://doi.org/10.1016/j.emospa.2012.05.003

Turnbull, Ann et all. (2013). Exceptional Lives: USA. Pearson

WIdiana, I. W., Nurjana, I. G., & Vidiawati, N. K. R. (2019). ANALISIS INTERAKSI SOSIAL SISWA KOLOK (TUNARUNGU) DI SEKOLAH INKLUSIF. Journal for Lesson and Learning Studies.

Winarsih, M. (2018). KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK TUNARUNGU USIA DINI. JIV-Jurnal Ilmiah Visi. https://doi.org/10.21009/jiv.1302.2

Wulandari, N. D., & Rakhmadi, A. (2014). Pembuatan aplikasi kamus bahasa isyarat untuk tuna rungu dan tuna wicara berbasis android. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Zulmiyetri, Z. (2017). Metode Maternal Reflektif (MMR) untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Lisan Anak Tunarungu. Jurnal Konseling Dan Pendidikan. https://doi.org/10.29210/117500

Winarsih, M. (2018). Kemampuan Membaca Permulaan Anak Tunarungu Usia Dini. JIV-Jurnal Ilmiah Visi. https://doi.org/10.21009/jiv.1302.2

Zulmiyetri, Z. (2017). Metode Maternal Reflektif (MMR) untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Lisan Anak Tunarungu. Jurnal Konseling Dan Pendidikan. https://doi.org/10.29210/117500

Downloads

Published

2021-01-30

How to Cite

Supena, A., & Iskandar, R. (2021). Implementasi Layanan Inklusi Anak Berkebutuhan Khusus Tunarungu. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 5(1), 124–137. https://doi.org/10.32585/jkp.v5i1.1018

Issue

Section

Artikel