Implementasi Layanan Inklusi Anak Berkebutuhan Khusus Tunarungu
DOI:
https://doi.org/10.32585/jkp.v5i1.1018Keywords:
Inklusi, anak berkebutuhan khusus, tunarunguAbstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana layanan pendidikan inklusi anak berkebutuhan khsuus tunarungu di Sekolah Luar Biasa Negeri Ciamis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukan Anak tunarungu memiliki hambatan dalam pendengaran akibatnya tunarungu kesulitan dalam berbicara. Anak tunarungu memaksimalkan indera penglihatannya sebagai jalan penyempurna dari kurangnya indera pendengaran. Mereka memiliki gerakan mata yang cepat, agak beringas. Sisa pendengaran anak tuna rungu dapat dilatih dengan latihan Bina Persepsi Bunyi dan Irama, anak tuna rungu juga dapat melatih otot-otot berbicaranya sehingga dapat berkomunikasi seperti anak normal lainnya. Pengembangan komunikasi persepsi bunyi dan irama merupakan program khusus yang dilakukan sekolah SLBN Ciamis untuk melatih kemampuan anak tunarungu di sekolah. Namun pada saat pandemic covid-19 orang tua menjadi pendamping khusus sekaligus sebagai guru selama dirumah untuk melatih berbicara anaknya menggunakan bahasa sehari hari selain dibantu melalui alat bantu mendengar yang dipandu oleh guru nya.
Downloads
References
Alasim, K. (2019). Inclusion Programmes for Students Who are Deaf and Hard of Hearing in Saudi Arabia: Issues and Recommendations. International Journal of Disability, Development, and Education, 00(00), 1–21. https://doi.org/10.1080/1034912X.2019.1628184
Bamu, B. N., De Schauwer, E., Verstraete, S., & Van Hove, G. (2017). Inclusive Education for Students with Hearing Impairment in the Regular Secondary Schools in the North-West Region of Cameroon: Initiatives and Challenges. International Journal of Disability, Development and Education, 64(6), 612–623. https://doi.org/10.1080/1034912X.2017.1313395
Elisabet, H. (2010). Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Hidup. In Erlangga.
Edja Sadjaah. 2005. Pendidikan Bahasa Bagi Anak Gangguan Pendengaran dalam Keluarga. Jakarta: Depdiknas
Handayani, E. S., & Anwar, M. (2017). Anak Tunarungu Melalui Simulation. Ijds, 4(1), 9–15.
Hernawati, T. (2007). Pengembangan Kemampuan Berbahasa Dan Berbicara Anak Tunarungu. Juni.
Heward, W. L. (2009). Exceptional Children: An Introduction to Special Educat. In Prentice Hall.
Hogan, A., & Phillips, R. (2015). Hearing impairment and hearing disability: Towards a paradigm change in hearing services. Hearing Impairment and Hearing Disability: Towards a Paradigm Change in Hearing Services, October, 1–145. https://doi.org/10.1080/1034912x.2017.1390883
Kargin, T. (2004). Effectiveness of a family-focused early intervention program in the education of children with hearing impairments living in rural areas. International Journal of Disability, Development, and Education, 51(4), 401–418. https://doi.org/10.1080/1034912042000295044
Kirk, Gallagher, Coleman, Anastasiow (2009). Introduction to exceptional children. New York: Houghton Miffl in Harcourt Publishing Company
Millar, B. (2016). Hearing impairment and hearing disability: towards a paradigm change in hearing services: Hearing impairment and hearing disability: towards a paradigm change in hearing services, edited by Anthony Hogan and Rebecca Phillips, Farnham, Ashgate, 2015, 168. Disability & Society, 31(9), 1309–1311. https://doi.org/10.1080/09687599.2016.1219513
Model Bimbingan Pengembangan Karir untuk Siswa Tunarungu. (2012). JASSI ANAKKU.
Mahmud. (2003). Definisi dan Klasifikasi Tuna Rungu. Bandung: UPI Press.
Putri, S. S., Supena, A., & Yatimah, D. (2019). Dukungan sosial orangtua anak tunarungu usia 11 tahun di SDN Perwira Kota Bogor. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia. https://doi.org/10.29210/120192318
Rachmawati, E. (2018). PENGARUH PROGRAM BIMBINGAN ORANG TUA TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA ANAK TUNARUNGU KELAS TINGGI PADA TINGKAT SEKOLAH DASAR LUAR BIASA. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD). https://doi.org/10.22219/jp2sd.v6i1.5903
Rahmah, F. N. (2018). PROBLEMATIKA ANAK TUNARUNGU DAN CARA MENGATASINYA. QUALITY. https://doi.org/10.21043/quality.v6i1.5744
Rahmatika, S. N., & Apsari, N. C. (2020). POSITIVE PARENTING: PERAN ORANG TUA DALAM MEMBANGUN KEMANDIRIAN ANAK TUNAGRAHITA. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat. https://doi.org/10.24198/jppm.v7i2.28380
Setyaningsih, M. A., & Rahmawati, R. (2019). Pelaksanaan program pembelajaran pengembangan komunikasi persepsi bunyi dan irama tahap identifikasi siswa tunarungu kelas. JPK (Jurnal Pendidikan Khusus). https://doi.org/10.21831/jpk.v14i1.25163
Setiawan, D. I., Tolle, H., & Kharisma, A. P. (2017). Perancangan Aplikasi Communication Board Berbasis Android Tablet Sebagai Media Pembelajaran dan Komunikasi Bagi Anak Tuna Rungu. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer.
Suhartini, B. (2011). Merangsang Motorik Kasar Anak Tunarungu Kelas Dasar Sekolah Luar Biasa Melalui Permainan. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia. https://doi.org/10.1016/j.emospa.2012.05.003
Turnbull, Ann et all. (2013). Exceptional Lives: USA. Pearson
WIdiana, I. W., Nurjana, I. G., & Vidiawati, N. K. R. (2019). ANALISIS INTERAKSI SOSIAL SISWA KOLOK (TUNARUNGU) DI SEKOLAH INKLUSIF. Journal for Lesson and Learning Studies.
Winarsih, M. (2018). KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK TUNARUNGU USIA DINI. JIV-Jurnal Ilmiah Visi. https://doi.org/10.21009/jiv.1302.2
Wulandari, N. D., & Rakhmadi, A. (2014). Pembuatan aplikasi kamus bahasa isyarat untuk tuna rungu dan tuna wicara berbasis android. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Zulmiyetri, Z. (2017). Metode Maternal Reflektif (MMR) untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Lisan Anak Tunarungu. Jurnal Konseling Dan Pendidikan. https://doi.org/10.29210/117500
Winarsih, M. (2018). Kemampuan Membaca Permulaan Anak Tunarungu Usia Dini. JIV-Jurnal Ilmiah Visi. https://doi.org/10.21009/jiv.1302.2
Zulmiyetri, Z. (2017). Metode Maternal Reflektif (MMR) untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Lisan Anak Tunarungu. Jurnal Konseling Dan Pendidikan. https://doi.org/10.29210/117500
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Komunikasi Pendidikan agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.