Karakteristik Komunikasi Interpersonal serta Relevansinya dengan Kepemimpinan Transformasional

Authors

DOI:

https://doi.org/10.32585/jkp.v5i1.1042

Keywords:

Komunikasi Interpersonal, Kepemimpinan Transformasional, Efektivitas Pesantren

Abstract

Studi ini memiliki fokus pembahasan tentang bagaimana konsep dasar komunikasi interpersonal di pesantren yang relevan dengan gaya kepemimpinan transformasional. Studi ini juga menganalisis apa sajakah kelebihan dan kelemahan komunikasi interpersonal dalam mengatasi konflik organisasi di pesantren sehingga mampu meningkatkan efektivitas organisasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi survei. Penelitian dilakukan pada Pesantren Al-Mujaddid Kota Sabang Aceh. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara mendalam. Validitas data diukur dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) kualifikasi pimpinan pesantren mencangkup figurehead, leader role dan liaison role memungkinkan dibentuknya sistem komunikasi yang efektif; (2) Gaya kepemimpinan yang dipraktekan adalah kepemimpinan transformasional sangat relevan dengan praktek komunikasi interpersonal; (3) Komunikasi interpersonal menjadi azas fundamental dalam resolusi konflik organisasi dan mampu meningkatkan peran kehumasan lembaga; (4) kepemimpinan dan komunikasi secara integrative mampu meningkatkan efektivitas pendidikan di pesantren. Implikasi yang diharapkan pada dasarnya pilar-pilar pesantren sebagai organisasi efektif bertujuan dalam memberikan wawasan pengetahuan yang utuh tentang kedudukan, tugas, peran dan fungsi pesantren sebagai agen pembaharuan, pelayanan, peningkatkan mutu manusia sebagai bagian integral dari masyarakat secara keseluruhan

Author Biography

Muhammad Anggung Manumanoso Prasetyo, Institut Agama Islam Negeri Lhokseumawe

Islamic Education Management

References

Antos, G. (2011). Handbook of Interpersonal Communication. The Netherlands: Mouton De Gruyter.

Assingkily, M. S., & Mesiono, M. (2019). Karakteristik Kepemimpinan Transformasional di Madrasah Ibtidaiyah (MI) serta Relevansinya dengan Visi Pendidikan Abad 21. Manageria: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(1), 147–168. https://doi.org/10.14421/manageria.2019.41-09

Bass, B. M., & Avolio, B. J. (1993). Improving Organizational Effectiveness through Transformational Leadership / Edition 1. Singapore: Sage Publication.

Diebig, M., Bormann, K. C., & Rowold, J. (2017). Day-level Transformational Leadership and Followers’ Daily Level of Stress: a Moderated Mediation Model of Team Cooperation, Role Conflict, and Type of Communication. European Journal of Work and Organizational Psychology, 26(2), 234–249. https://doi.org/10.1080/1359432X.2016.1250741

Fiedler, F. E. (1964). A Contingency Model of Leadership Effectiveness. In Advances in experimental social psychology (Vol. 1, pp. 149–190). Elsevier.

Gilley, A., Gilley, J. W., & Mcmillan, H. S. (2009). Organizational Change: Motivation, Communication, and Leadership Effectiveness. Wiley Inter Science, 21(1), 75–94. https://doi.org/10.1002/piq

Harvey, S., Royal, M., & Stout, D. (2003). Instructor’s Transformational Leadership: University Student Attitudes and Ratings. Psychological Reports, 92(2), 395–402.

Higham, R. (2016). Communication Breakdown: How Conflict can Promote Responsible Leadership in Students. School Leadership & Management, 36(1), 96–112.

Hoy, W. K., & Miskel, C. G. (2009). Administrasi Pendidikan: Teori, Riset, dan Praktik (Versi Indonesia, Edisi ke-9). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Jawahar, I. M., & McLaughlin, G. L. (2001). Toward a Descriptive Stakeholder Theory: An Organizational Life Cycle Approach. Academy of Management Review, 26(3), 397–414.

Kee, D., Rahman, A., Hasanah, N., & Wah, T. A. (2017). The Impact of Transformational Leadership and Team Innovation on Team Performance: Empirical Evidence from Malaysia.

Lecturer, C., & Gangel, K. O. (2015). Interpersonal Communication and Conflict Management. 1–19.

Ledbetter, A. M. (2014). The Past and Future of Technology in Interpersonal Communication Theory and Research. Communication Studies, 65(4), 456–459. https://doi.org/10.1080/10510974.2014.927298

Lijuan, L., & Hallinger, P. (2016). Communication as a Mediator between Principal Leadership and Teacher Professional Learning in Hong Kong Primary Schools. International Journal of Educational Reform, 25(2), 192–212. https://doi.org/10.1177/105678791602500205

Mousa, M., Abdelgaffar, H. A., Chaouali, W., & Aboramadan, M. (2020). Organizational Learning, Organizational Resilience and the Mediating Role of Multi-Stakeholder Networks. Journal of Workplace Learning.

Mukhtar, H., & Prasetyo, M. A. M. (2020). Pesantren Efektif Model Teori Integratif Kepemimpinan–Komunikasi-Konflik Organisasi. Deepublish.

Mukhtar, Risnita, & Anwar, K. (2019). The Effect of Transformational Leadership, Management Information System, and Organizational Climate on Lecturers’ Job Satisfaction. International Journal of Scientific and Technology Research.

Myers. (2012). Managging by Communication: An Organizational Approach. New Jersey: McGraw-Hill lnternational, Inc.

Nir, A., & Piro, P.-L. (2016). The Added Value of Improvisation to Effectiveness-Oriented Transformational Leadership. International Journal of Educational Reform, 25(3), 265–281. https://doi.org/10.1177/105678791602500303

Oktaviani, E. D. (2020). Peranan Guru Dalam Pendidikan Inklusif Untuk Pencapaian Program Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDG’s). Jurnal Komunikasi Pendidikan, 4(1), 55. https://doi.org/10.32585/jkp.v4i1.440

Prabowo, H. (2012). Aspek-Aspek Pengelolaan dan Kepemimpinan Inovatif untuk Implementasi Teknologi Informasi dan Komunikasi Di Perguruan Tinggi. Binus Business Riview, 3(2), 795–802.

Prasetyo, M. A. M. (2016). The Relationship between Kyai Managerial Competence, the Management Based Islamic Boarding School (MBIBS), and the Educator’s Performance in Islamic Islamic Boarding School: Approach Concept. In The First International Conference on Law, Economics and Education Muhammadiyah University of Metro, Indonesia.

Prasetyo, M. A. M. (2018). Peranan Perilaku Organisasi dan Manajemen Strategi dalam Meningkatkan Produktivitas Output Pendidikan. Idarah (Jurnal Pendidikan Dan Kependidikan), 2(1), 80–101. https://doi.org/10.47766/idarah.v2i1.267

Prasetyo, M. A. M. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional, Komunikasi Interpersonal, dan Konflik Organisasi terhadap Efektivitas Organisasi Pada Pesantren di Provinsi Aceh (Survei Pada Pesantren Al-Mujaddid, Sholahuddin Al Munawwarah, dan Dayah Perbatasan Darul Amin). Disertasi Pascasarjana UIN Sultan Thaha Saifuddin Jambi.

Prasetyo, M. A. M., Bashori, B., & Masriani, M. (2020). Model Capacity Building Pada Pesantren Perbatasan Binaan Dinas Pendidikan Dayah Provinsi Aceh. INFERENSI: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 14(1), 71–96. https://doi.org/10.18326/infsl3.v14i1.71-96

Rakhmat, J. (2019). Psikologi Komunikasi Edisi Revisi.

Ritonga, Z. S. (2020). Analisis Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah di Kecamatan Pantai. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 4(1), 28. https://doi.org/10.32585/jkp.v4i1.432

Saltmarsh, S., & McPherson, A. (2019). Un/satisfactory Encounters: Communication, Conflict and Parent-Cchool Engagement. Critical Studies in Education, 1–16. https://doi.org/10.1080/17508487.2019.1630459

Schermerhom, J. R. (2010). Introduction to Management (10th Editi). Hoboken: John Wiley and Sons, Inc.

Scollo, M., & Carbaugh, D. (2013). Interpersonal Communication: Qualities and Culture. Russian Journal of Communication, 5(2), 95–103. https://doi.org/10.1080/19409419.2013.805664

Skoglund, K. N. (2020). Social Interaction of Leaders in Partnerships between Schools and Universities: Tensions as Support and Counterbalance. International Journal of Leadership in Education, 1–20. https://doi.org/10.1080/13603124.2020.1797178

Solomon, D., & Theiss, J. (2013). Interpersonal Communication, Putting theory into Practice. New York: Routledge.

Supermane, S. (2019). Transformational Leadership and Innovation in Teaching and Learning Activities: The Mediation Effect of Knowledge Management. Information Discovery and Delivery, 47(4), 242–250. https://doi.org/10.1108/IDD-05-2019-0040

Syafruddin, A. (2019). The Modernization of Education in Islamic Boarding Schools and The Shift of Santris’s (Islamic Boarding Student) Politics. International Journal of Educational, 9(2), 33–42.

Umiarso, & Zazin, N. (2011). Pesantren di Tengah Arus Mutu Pendidikan: Menjawab Problematika Kontemporer Manajemen Mutu Pesantren. Semarang: RaSAIL.

Velmurugan, C. (2016). Interpersonal Relationship and Organizational Effectiveness. International Journal of Business Management and Leadership., 7(1), 1–5.

West, R., & Turner, L. H. (2007). Introducing Communication Theory, Analysis and Application. New York: McGraw-Hill Education.

Wood, J. T. (2010). Interpersonal Communication, Everyday Encouters. Canada: Cengage Learning.

Yahya, F. A. (2015). Problem Manajemen Pesantren, Sekolah dan Madrasah: Problem Mutu dan Kualitas Input-Proses-Output. El-Tarbawi | Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 93–109. https://doi.org/10.20885/tarbawi.vol8.iss1.art6

Zakaria, G. A. N. (2010). Pondok Pesantren : Changes and Its Future. Journal of Islamaic and Arabic Education, 2(2), 45–52.

Downloads

Published

2021-01-30

How to Cite

Prasetyo, M. A. M., & Anwar, K. (2021). Karakteristik Komunikasi Interpersonal serta Relevansinya dengan Kepemimpinan Transformasional. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 5(1), 25–39. https://doi.org/10.32585/jkp.v5i1.1042

Issue

Section

Artikel