Efektivitas Komunikasi dalam Perkuliahan Online terhadap Proses Belajar pada Mahasiswa Manokwari Papua Barat
DOI:
https://doi.org/10.32585/jkp.v5i1.683Keywords:
komunikasi, proses belajar, perkuliahan onlineAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui efetktif atau tidakkah komunikasi dalam perkuliahan online pada mahasiswa Manokwari. Metode penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif dengan populasi mahasiswa di Manokwari. Teknik penarikan sampel yang digunakan adalah non-probability sampling jenis purposive sampling yang mana sampel yang dicari adalah mahasiswa di Manokwari yang sedang menjalani perkuliahan secara daring atau online. Pengumpulan data yang dilakukan berupa survei dengan cara membagikan kuesioner berisi pertanyaan dengan skala Likert. Data yang diperoleh diolah menggunakan SPSS, disajikan dalam bentuk tabel dan diagram, dianalisis, dan ditarik kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah komunikasi dalam perkuliahan online mahasiswa Manokwari berjalan cukup efektif dan perkuliahan online berjalan dengan baik. Dalam kelancaran proses belajar online perlu adanya metode yang menarik, jadwal tetap, memiliki bahan belajar, ada ruang diskusi, dan tugas. Komunikasi yang efektif juga menjadi pendukung jalannya proses belajar yang lancar. Efektivitas komunikasi dinilai dari proses penyampaian informasi atau materi pembelajaran oleh dosen dan pemahaman mahasiswa, serta adanya interaksi yang baik, seperti tanya-jawab atau diskusi antara dosen dan mahasiswa.Downloads
References
Basori. (2017). Efektifitas Komunikasi Pembelajaran Online Dengan Menggunakan Media E-Learning Pada Perkuliahan Body Otomotif. Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Dan Kejuruan, 7(2), 39–45. https://doi.org/10.20961/jiptek.v7i2.12722
Fajriyah, N., Ri’aeni, I., & Yusron, A. (2019). EFEKTIVITAS KOMUNIKASI ORGANISASI DALAM MANAJEMEN PROGRAM KERJA POS YANDU. Jurnal InterAct, 8(1).
Hanifah, W., & Putri, K. Y. S. (2020). EFEKTIVITAS KOMUNIKASI GOOGLE CLASSROOM SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA MAHASISWA ILMU KOMUNIKAI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA ANGKATAN 2018 THE EFFECTIVENESS OF GOOGLE CLASSROOM COMMUNICATION AS A DISTANCE LEARNING MEDIA IN COMMUNICATION STUDIES. MEDIALOG: Jurnal Ilmu Komunikasi, III(II), 24–35.
Hermadinata, M. (2016). Bab II Tinjauan Aspek-Aspek Komunikasi dan Jurnalistik. 17–44.
Inah, E. N. (2015). PERAN KOMUNIKASI DALAM INTERAKSI GURU DAN SISWA. Jurnal Al-Ta’dib, 8(2), 150–167.
Iskandar, A. M., & Zainuddin, R. (2019). Interaksi dan Komunikasi Dosen dan Mahsiswa dalam Proses Pendidikan. Al-Din: Jurnal Dakwah Dan Sosial Keagamaan, 5(1).
Marni. (2020). CHALLENGES OF ONLINE LEARNING FOR LIBRARY. Literatify: Trends in Library Developments, 1(2), 86–92.
Puspitorini, F. (2020). Strategi Pembelajaran Di Perguruan Tinggi Pada Masa. Jurnal Kajian Ilmiah (JKI), 1(1), 99–106.
Riadi, S., & Sunyianto. (2020). EFEKTIVITAS KOMUNIKASI DALAM PENDIDIKAN STIPAP. KOMUNIKOLOGI: Jurnal Pengembangan Ilmu Komunikasi Dan Sosial, 4(2), 121–130.
Riyana, C. (n.d.). Komponen-Komponen Pembelajaran (pp. 1–63).
Saputra, A. (2015). Faktor yang Mempengaruhi Kelancaran Pembelajaran Penjasorkes Kelas V-VI di SD Negeri Kembangjitengan 2 Sleman. http://eprints.uny.ac.id/24252/1/SKRIPSI.pdf
Sekaran, U., & Bougie, R. (2016). Research Methods for Business (Seventh Ed). John Wiley & Sons.
Simatupang, N. I., Rejeki, S., Sitohang, I., Patricia, A., Simatupang, I. M., Pendidikan, P., Universitas, K., & Indonesia, K. (2020). EFEKTIVITAS PELAKSANAAN PENGAJARAN ONLINE PADA MASA PANDEMI COVID-19 DENGAN METODE SURVEY SEDERHANA. Jurnal Dinamika Pendidikan, 13(2), 197–203. https://doi.org/10.33541/jdp.v13i2.1754
Sundayana, R. (2012). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kemampuan Mahasiswa Dalam Praktikum Analisis Data Statistik. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 35–42. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v1i1.170
Tatang, S. (2016). Dinamika Komunikasi. CV Pustaka Setia.
Wisman, Y. (2017). Komunikasi Efektif dalam Dunia Pendidikan. Jurnal Nomosleca, 3(2), 646–654.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Komunikasi Pendidikan agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.