Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu Melalui Instagram @Batik_Ndayani Dalam Meningkatkan Penjualan Produk Batik Secara Online
Kata Kunci:
Instagram, komunikasi pemasaran, batik, UMKM, strategi digitalAbstrak
Media sosial kini menjadi alat penting dalam pemasaran digital, terutama bagi UMKM di sektor kreatif. Instagram digunakan tidak hanya untuk promosi, tetapi juga membangun hubungan dengan pelanggan. Artikel ini mengkaji strategi komunikasi pemasaran terpadu akun @batik_ndayani dalam meningkatkan penjualan batik secara online. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami bagaimana penerapan strategi komunikasi pemasaran melalui Instagram dapat membantu meningkatkan efektivitas promosi dan penjualan produk batik secara daring. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil menunjukkan bahwa lima elemen komunikasi pemasaran diterapkan: periklanan, promosi penjualan, personal selling, pemasaran langsung, dan hubungan masyarakat. Instagram dimanfaatkan sebagai media visual dan interaktif, sementara promosi offline dan komunikasi personal turut memperkuat loyalitas pelanggan. Kendala utama meliputi keterbatasan SDM dan keahlian digital. Studi ini menekankan pentingnya perencanaan konten dan pemanfaatan otomatisasi untuk efisiensi pemasaran.
Unduhan
Referensi
Afad, A. (2022). Strategi Komunikasi Pemasaran Pada Reresecondhand57 Melalui Media Sosial Instagram Dalam Mempromosikan Pakaian Thrift. Skripsi. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.
Amalia, S. (2022). Strategi Komunikasi Pemasaran Digital Produk Taste-Me Melalui Instagram. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Anisyahrini, & Bajari, A. (2019). Strategi Komunikasi Pemasaran Pengelola Clothing Line di Instagram. Jurnal Kajian Komunikasi, 7(1), 20–30. https://doi.org/10.24198/jkk.v7i1.17844
Aulia, R. (2022). Strategi Media Sosial Instagram Promosi Produk Khloe’s Room. Skripsi. Universitas Negeri Jakarta.
Ghorbanzadeh, D., Prasad, K. D. V., Prodanova, N. A., Muda, I., Suryono, J., & Yuldasheva, N. (2023). Exploration of the concept of brand love in city branding: Antecedents and consequences. Place Branding and Public Diplomacy. https://doi.org/10.1057/s41254-023-00312-7
Grönroos, C. (2007). Service Management and Marketing: Customer Management in Service Competition (3rd ed.). John Wiley & Sons.
Hardani, A. P., & Suryono, J. (2023). Marketing communication strategy for Shafira Store Surakarta using Instagram social media platform for effective engagement. Revenue Journal: Management and Entrepreneurship, 1(2), 151–164. https://doi.org/10.61650/rjme.v1i2.601
Kaplan, A. M., & Haenlein, M. (2010). Users of the World, Unite! The Challenges and Opportunities of Social Media. Business Horizons, 53(1), 59–68. https://doi.org/10.1016/j.bushor.2009.09.003
Kotler, P., & Armstrong, G. (2018). Principles of Marketing (17th ed.). Pearson Education.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th ed.). Pearson Education.
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative Data Analysis: An Expanded Sourcebook (2nd ed.). Sage Publications.
Moleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nasrullah, R. (2015). Media Sosial: Perspektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Panuju, R. (2017). Strategi Komunikasi Pemasaran Produk Fair N Pink melalui Media Sosial Instagram. Skripsi. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tuten, T. L., & Solomon, M. R. (2018). Social Media Marketing (3rd ed.). Sage Publications.
Aprina, A. I. (2025). Strategi Komunikasi Pemasaran Melalui Instagram @batik_ndayani Dalam Meningkatkan Penjualan Produk Batik Secara Online. Skripsi. Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Aprina Intan Pratiwi, Hariyanto Hariyanto, Joko Suryono

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan dengan Media and Empowerment Communication Journal (MECOMM) menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memegang hak cipta dan memberikan jurnal hak untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons (CC BY-SA 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya dalam jurnal ini .
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.