Analisis Implementasi Metode Struktur Analitik Sintetik (Sas) Terhadap Keterampilan Membaca Permulaan Peserta Didik Kelas 1 Sekolah Dasar

Authors

  • Sugiyatmi Giyatmi Universitas Veteran Bangun Nusantara
  • Yudiyanto Yudiyanto Universitas Veteran Bangun Nusantara
  • Unun Pratiwi Veronica Universitas Veteran Bangun Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.32585/jp.v33i1.4938

Keywords:

Membaca Permulaan, SAS, Kelas 1

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan dan menganalisis keterampilan membaca permulaan peserta didik kelas 1 sekolah dasar dalam implementasi metode Struktural Analitik dan Sintetik (SAS). Riset ini dilaksanakan dalam studi literatur dari berbagai sumber seperti jurnal dan artikel yang berkenaan membaca permulaan peserta didik kelas 1 sekolah dasar di tiga sekolah dasar yaitu SD IT Kamiliyah, UPTD SD Negeri 05 Kubang, dan SD Inpres Sibalaya Utara kecamatan Tanambulava Kabupaten Sigi. Hasil dari perbandingan ketiga jurnal tersebut adalah adanya peningkatan yang signifikan dalam keterampilan membaca permulaan peserta didik kelas satu dengan penerapan metode SAS.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alfina Sahbudi, Alfina Sahbudi, Yunus Abidin, Yunus Abidin, Fully Rakhmayanti, & Fully Rakhmayanti. (2022). Analisis Metode Pembelajaran Sas Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Peserta Didik Kelas I Sd. Literasi: Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia serta Pembelajarannya, 6(2), 228–228. https://doi.org/10.25157/literasi.v6i2.7626

Andrianus Krobo, & Krobo, A.(2021). Kesulitan Berbicara Dan Membaca Pada Anak Usia 5-6 Tahun (Studi Kasus Pada Kelompok B6 di TK. Yppk Bintang Kecil Abepura Tahun Ajaran 2019-2020). PERNIK: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 61–69. https://doi.org/10.31851/pernik.v4i2.5448

Azlia Latae, Latae, A., Sahruddin Barasandji, Barasandji, S., Muhsin Muhsin, & Muhsin, M. (2015). Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Permulaan Siswa Melalui Metode SAS Siswa Kelas 1 SDN Tondo Kecamatan Bungku Barat Kabupaten Morowali. 2(4), 116126.

Citra Altyna & Citra Altyna. (2022). Penerapan Keterampilan Membaca Pada Siswa Berkebutuhan Khusus Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Sekolah. Griya Cendikia, 7(2), 209–219. https://doi.org/10.47637/griya-cendikia.v7i2.220

Delfi Mufidatul Helwah, Kustiani Arisati, & Nani Zahrotul Mufidah. (2023). Metode SAS Sebagai Solusi Guru Dalam Meningkatkan Membaca di Kelas Pemula Madarsah Ibtidaiyah. Attadrib Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 6(1), 1–9. https://doi.org/10.54069/attadrib.v6i1.354

Gabriela Kaunang, Gabriela Kaunang, Joulanda A. M. Rawis, Joulanda A.M Rawis, Richard Daniel Herdy Pangkey, Richard Daniel Herdy Pangkey, Jane M Mangangantung, & Jane M Mangangantung. (2022). Kesiapan Membaca Permulaan Siswa Kelas I Sekolah Dasar. Edukatif, 4(4), 5109–5115. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3087

Johana Kastanja & Syafwandi Syafwandi. (2023). Upaya Menumbuhkan Kesiapan Membaca Permulaan melalui Metode (MEMESYA) Menyanyi dan Mengucap Syair Peserta Didik Kelompok A2 TK Negeri Pembina Tingkat Nasional. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(3), 1584–1589. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i3.1706

Nadiah Nur Qarimah, Andi Sukri Syamsuri, & Muhammad Akhir. (2022). Perbandingan Metode Montessori Dan Metode Sas Terhadap Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Kelas I Sdit Raffasya Baitul Makmur. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(2), 216–225. https://doi.org/10.23969/jp.v7i2.6028

Nova Laela Andrian & Arti Prihatini. (2023). Penerapan metode SAS pada pembelajaran membaca permulaan siswa kelas rendah di SDN Dateng Laren. Jurnal Genre (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya), 5(1), 14–28. https://doi.org/10.26555/jg.v5i1.7602

Nur Rahma Fadilah. (2022). Analisis Penggunaan Metode Sas Terhadap Keterampilan Membaca Permulaan Peserta Didik Kelas III SDN Banjarsari 4 Kota Serang. Didaktik, 8(2), 1026–1037. https://doi.org/10.36989/didaktik.v8i2.399

Resi Maya Sari, Dian Nuzulia Armariena, & Rury Rizhardi. (2022). Pengaruh Metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas 1 SD. Education and Learning Journal, 1(2), 101–105. https://doi.org/10.31004/anthor.v1i2.16

Resmayeni Resmayeni. (2021). Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Dengan Menerapkan Metode Sas Pada Siswa Kelas I Uptd Sd Negeri 05 Kubang Tahun Pelajaran 2019/2020. JELISA (Jurnal Edukasi dan Literasi Bahasa), 2(1), 94–109. https://doi.org/10.36665/jelisa.v2i1.591

Suhartini Suhartini, Suhartini, S., Efendi Efendi, Efendi Efendi, Efendi Efendi, Efendi, E., efendi, E., Pratama Bayu Santosa, & Santosa, P. B. (2019). Peningkatan Kemampuan Siswa Membaca Dan Menulis Permulaan Melalui Metode SAS di Kelas 1 SD Inpres Sibalaya Utara Kecamatan Tanambulava Kabupaten Sigi. 5(3).

Surianah Surianah & Surianah Surianah. (2021). Penggunaan Metode Sas Dengan Media Kartu Huruf Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Lancar Pada Siswa Kelas 1.C Sd Negeri 9 Ampenan. Realita: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 6(1). https://doi.org/10.33394/realita.v6i1.4198

Thovawira, F. A., Safitri, I., Supartik, S., Sitompul, N. N. S., & Anggriyani, I. (2021). Systematic Literature Review: Implementasi Pendekatan Stem (Manfaat Dan Tantangan) Di Indonesia. Histogram: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2). https://doi.org/10.31100/histogram.v4i2.682

Suwarto, S. (2005). Pengaruh Ukuran Sampel dari Model Logistik terhadap Estimasi Parameter Item. Jurnal Pendidikan, 14(2).

Suwarto, S. (2012). Tingkat Kesulitan, Daya Beda, dan Reliabilitas Tes Menurut Teori Tes Klasik. Jurnal Pendidikan, 16(2).

Suwarto. (2013). Difficulty, Difference, and Reliability Level of New Student Selection Test for Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo University. National Seminar on Science Education. 652- 658.

Suwarto. (2013). Pengembangan Tes Diagnostik Dalam Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suwarto. (2016). The Biology Test Characteristic of 7th Grade by The Period of The Odd Term. Jurnal Penelitian Humaniora. 17(1), 1-8.

Suwarto, S. Daya Beda, Tingkat Kesulitan, dan Tebaan Tes Biologi Kelas 8 Semester Gasal. In Proceeding Biology Education Conference: Biology, Science, Enviromental, and Learning (Vol. 13, No. 1, pp. 151-158).

Suwarto, S. (2017, March). Tingkat Kesulitan, Daya Beda, dan Reliabilitas Tes Biologi Kelas 7 Semester Genap. In Seminar Nasional MIPA 2016.

Suwarto, S. (2017). Pengembangan tes ilmu pengetahuan alam terkomputerisasi. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 21(2), 153-161.

Suwarto, S., Widoyoko, E., & Setiawan, B. (2020, February). The effects of sample size and logistic models on item parameter estimation. In Proceedings of the 2nd International Conference on Education, ICE 2019, 27-28 September 2019, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia.

Suwarto, M. P. (2021). Menggunakan Quizizz untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan, 30(3), 499-514.

Suwarto, S. (2021). Using Quizizz To Improve Reading Comprehension Learning. Turkish Online Journal of Qualitative Inquiry, 12(9).

Suwarto, S. (2021). The Characteristics of Indonesia Second-semester Final Test for Eighth-grade Students. Turkish Online Journal of Qualitative Inquiry, 12(9).

Suwarto, M. P., & Musa, M. Z. B. (2022). Karakteristik Tes Ilmu Pengetahuan Alam. Jurnal Pendidikan, 31(1), 109-120.

Suwarto, M. P. (2022). PEDAGOGIK ILMU PENGETAHUAN ALAM. Penerbit Lakeisha.

Suwarto, S., Suyahman, S., Meidawati, S., Zakiyah, Z., & Arini, H. (2023). The COVID-19 Pandemic and The Characteristic Comparison of English Achievement Tests. Perspektivy Nauki i Obrazovania, (2 (62)), 307-329.

Suwarto, S., & Hidayah, A. (2023). The Analysis of the Brain Dominance and Language Learning Strategy Used by University EFL Learners. Journal of General Education and Humanities, 2(1), 79-90.

Suwarto, S., & Hidayah, A. (2023). The Analysis on the Students Brain Dominance and Learning Style Toward Their Reading Proficiency. International Journal of Research and Innovation in Social Science, 7(1), 1201-1214.

Downloads

Published

2024-03-12

How to Cite

Giyatmi, S., Yudiyanto, Y., & Veronica, U. P. (2024). Analisis Implementasi Metode Struktur Analitik Sintetik (Sas) Terhadap Keterampilan Membaca Permulaan Peserta Didik Kelas 1 Sekolah Dasar . Jurnal Pendidikan, 33(1), 477–484. https://doi.org/10.32585/jp.v33i1.4938

Issue

Section

Artikel