Analisis Persepsi Guru Terhadap Penerapan 4 Kompetensi di Sekolah

Authors

  • Apriliana Nur Hidayah Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta
  • Ika Martanti Mulyawati Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.32585/jp.v34i3.7386

Keywords:

Pandangan Guru, Perubahan Pendidikan, Tantangan Guru, Agen Perubahan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pandangan guru terhadap perubahan dan tantangan dalam dunia pendidikan, termasuk perkembangan teknologi pembelajaran, dan dinamika sosial di lingkungan sekolah. Perubahan cepat di era digital serta kebijakan pendidikan yang terus berganti menuntut guru untuk beradaptasi dan mengambil peran aktif sebagai agen perubahan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Subjek penelitian yaitu guru Madrasah Ibtidaiyah, kepala sekolah SMP, dan guru SMK di Kota Boyolali. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru memiliki pandangan yang cukup terbuka terhadap perubahan, meskipun sering kali diiringi dengan rasa cemas dan tekanan psikologis akibat kurangnya kesiapan infrastruktur, keterbatasan pelatihan, dan ketidakpastian kebijakan pendidikan. Guru menyadari pentingnya peningkatan kompetensi pribadi dalam bidang pedagogik dan teknologi, serta menjalin kolaborasi dengan sesama guru sebagai bentuk respon terhadap tantangan tersebut. Selain itu, guru mengakui bahwa perubahan justru membuka ruang untuk berinovasi dan meningkatkan kualitas pembelajaran. Studi ini menyimpulkan bahwa dukungan kolaboratif dari sekolah, pemerintah dan lembaga pendidikan sangat krusial dalam membantu guru menghadapi perubahan pendidikan yang signifikan. Selain itu, tantangan dan perubahan yang dihadapi guru juga dapat memberikan dampak positif ketika disertai dengan kompetensi dan pemenuhan komponen internal diri guru yang memadai.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adib, M. A. (2022). Aktualisasi Prinsip “Digugu lan Ditiru” dalam Pengembangan Kualitas Guru PAI Di Abad-21. Jurnal Hurriah: Jurnal Evaluasi Pendidikan Dan Penelitian, 3(3), 73–82. https://doi.org/https://doi.org/10.56806/jh.v3i3.100

Akbar, A. (2021). Pentingnya Kompetensi Pedadogik Guru. JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 2(1), 23–30. https://doi.org/https://doi.org/10.32832/jpg.v2i1.4099

Djollong, A. F. (2017). Kedudukan Guru Sebagai Pendidik. Istiqra’, 4(2).

Fitriyani, N., Rosida, H., Sukirno, A., Marina, S., & Handayani, R. (2025). Psikologi Kepribadian dalam Perspektif Bimbingan Konseling Islam. Indonesian Journal of Educational Counseling, 9(1). https://doi.org/https://doi.org/10.30653/001.202591.457

Gibson, Ivancevich, & Donnelly. (1994). Organisasni: Perilaku, Struktur dan Prose. Erlangga.

Hidayat, M. L., Hariyatmi, Astuti, D. S., Sumintono, B., Meccawy, M., & Khanzada, T. J. S. (2023). Digital competency mapping dataset of pre-service teachers in Indonesia. Data in Brief, 49, 1–12. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.dib.2023.109310

Illahi, N. (2020). Peranan Guru Profesional dalam Peningkatan Prestasi Siswa dan Mutu Pendidikan di Era Milenial. Asy-Syukriyyah, 21(1), 1–20. https://doi.org/https://doi.org/10.36769/asy.v21i1.94

Ismail, M., & Anwar, K. (2021). Kebijakan dan Strategi Peningkayan Kompetensi Guru Serta Relevansinya terhadap Mutu Lulusan yang Islami. Edupedia Jurnal Studi Pendidikan Dan Pedagogi Islam, 5(2), 15–25. https://doi.org/https://doi.org/10.35316/edupedia.v5i2.1177

Jurado, M. del M. M., Márquez, M. del M. S., Martínez, Á. M., Martín, A. B. B., Pérez-Fuentes, M. del C., & Linares, J. J. G. (2022). Qualitative Analysis of Use of ICTs and Necessary Personal Competencies (Self-Efficacy, Creativity and Emotional Intelligence) of Future Teachers: Implications for Education. Sustainability, 14(19). https://doi.org/https://www.mdpi.com/2071-1050/14/19/12257#

Lesmana, S. J., & Latif, I. S. (2023). Pengantar Sosiologi: Interaksi Individu Dengan Individu, Individu Dengan Kelompok, Kelompok Dengan Kelompok. Berkah Aksara Cipta Karya.

Marasabessy, S. B., Ratumanan, T. G., Lokollo, L. ., & Rumfot, S. (2024). Identifikasi Sistem Manajemen Pendidikan pada Sekolah Menengah Pertama di Kecamatan Pulau Haruku, Kabupaten Maluku Tengah. Edukasia: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1). https://doi.org/https://doi.org/10.62775/edukasia.v5i1.1063

Mardhiyah, R. H., Aldriani, S. N. F., Chitta, F., & Zulfikar, M. R. (2021). Pentingnya Keterampilan Belajar di Abad 21 sebagai Tuntutan dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia. Lectura: Jurnal Pendidikan, 12(1). https://doi.org/https://doi.org/10.31849/lectura.v12i1.5813

McClelland, D. C. (1973). Testing for competence rather than for “intelligence.” The American Psychologist, 28(1), 1–14. https://doi.org/https://psycnet.apa.org/doi/10.1037/h0034092

McKim, A. J., Sorenson, T. J., Velez, J. J., & Henderson, T. M. (2017). Analyzing Relationship between Four Teacher Competence Areas and Commitment to Teaching. Journal of Agricultural Education, 58(4), 1–14. https://doi.org/https://doi.org/10.5032/jae.2017.04001

Mulder, M. (2014). In International handbook of research in profesional and practice-based learning. Conceptions of Professional Competence. In, 107–137. https://doi.org/https://doi.org/10.1007/978-94-107-8902-8_5

Pranowo, D. D., Dwijonagoro, S., Tobing, R. L., & Purinthrapibal, S. (2023). Student perceptions on high school teachers’ competence in online teaching. Cakrawala Pendidikan: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 42(3). https://doi.org/https://doi.org/10.21831/cp.v42i3.59237

Rahman, F., & Ma’ruf, H. (2022). Penguatan dan Pengembangan Pendidikan Islam melalui Pendekatan Multidisipliner, Interdisipliner, dan Transdisipliner. EDUGAMA: Jurnal Kependidikan Dan Sosial Keagamaan, 8(2), 233–257. https://doi.org/doi.org/10.32923/edugama.v8i2.2511

Raito, R., & Rofi, M. N. (2023). Implikasi Pedagogis Tentang Tujuan Pendidikan Dalam Qur’an Surat Al-Dzariyat Ayat 56 Dan Al-Baqarah Ayat 30 Kajian Ilmu Pendidikan Islam. Masagi, 2(1). https://doi.org/https://doi.org/10.37968/masagi.v2i1.487

Rohmah, A. D. N., Purwati, P. D., Cahyani, D. R., Salsabilah, N. M., Ramadhani, N., & Rasib, S. A. (2025). Analisis Bergerak Bersama Bab III Ekspresi Diri Melalui Hobi Buku Ajar Bahasa Indonesia Kelas V SD Sesuai Standar BSNP. Jurnal Pendidikan, 34(2), 135–144. https://doi.org/https://doi.org/10.32585/jp.v34i2.6685

Rohman, H. (2020a). Pengaruh Kompetensi Guru terhadap Kinerja Guru. Jurnal Madinasika Manajemen Dan Keguruan, 1(2), 92–102.

Rohman, H. (2020b). PENGARUH KOMPETENSI GURU TERHADAP KINERJA GURU. MADINASIKA-APRIL, 1(2).

Saimah, S. (2021). Kompetensi Kepribadian Guru Akidah Akhlak di Madrasah Aliyah Nurul Ittihad Kuala Jambi. Jurnal Pendidikan Guru, 2(2). https://doi.org/https://doi.org/10.47783/jurpendigu.v2i2.226

Sánchez-Mendías, J., Miñán-Espigares, A., & Rodríguez-Fernández, S. (2024). Perception of Teachers’ Attitudes and Training Competence of Teachers in the Field of Mathematics. Educational Sciences, 14(1). https://doi.org/https://www.mdpi.com/2227-7102/14/1/109#

Sulistiani, I., & Nugraheni, N. (2023). Makna Guru Sebagai Peranan Penting dalam Dunia Pendidikan. Jurnal Citra Pendidikan, 3(4), 1261–1268. https://doi.org/https://doi.org/10.38048/jcp.v3i4.2222

Suprihatiningrum, J. (2013). Strategi pembelajaran: Teori & aplikasi. Ar-Ruzz Media.

Susanto, Y., Riwukore, J. R., Afrianti, I., & Habaora, F. (2021). Pengaruh Kompetensi dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru di SMP Negeri 4 Kota Lubuklinggau Sumatera Selatan. Jurnal Pendidikan, 30(2), 143–152. https://doi.org/https://doi.org/10.32585/jp.v30i2.1578

Suwarto, S. (2005). Pengaruh Ukuran Sampel dari Model Logistik terhadap Estimasi Parameter Item. Jurnal Pendidikan, 14(2).

Suwarto, S. (2012). Tingkat Kesulitan, Daya Beda, dan Reliabilitas Tes Menurut Teori Tes Klasik. Jurnal Pendidikan, 16(2).

Suwarto. (2013). Difficulty, Difference, and Reliability Level of New Student Selection Test for Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo University. National Seminar on Science Education. 652- 658.

Suwarto. (2013). Pengembangan Tes Diagnostik Dalam Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suwarto. (2016). The Biology Test Characteristic of 7th Grade by The Period of The Odd Term. Jurnal Penelitian Humaniora. 17(1), 1-8.

Suwarto, S. Daya Beda, Tingkat Kesulitan, dan Tebaan Tes Biologi Kelas 8 Semester Gasal. In Proceeding Biology Education Conference: Biology, Science, Enviromental, and Learning (Vol. 13, No. 1, pp. 151-158).

Suwarto, S. (2017, March). Tingkat Kesulitan, Daya Beda, dan Reliabilitas Tes Biologi Kelas 7 Semester Genap. In Seminar Nasional MIPA 2016.

Suwarto, S. (2017). Pengembangan tes ilmu pengetahuan alam terkomputerisasi. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 21(2), 153-161.

Suwarto, S., Widoyoko, E., & Setiawan, B. (2020, February). The effects of sample size and logistic models on item parameter estimation. In Proceedings of the 2nd International Conference on Education, ICE 2019, 27-28 September 2019, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia.

Suwarto, M. P. (2021). Menggunakan Quizizz untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan, 30(3), 499-514.

Suwarto, S. (2021). Using Quizizz To Improve Reading Comprehension Learning. Turkish Online Journal of Qualitative Inquiry, 12(9), 2709-2724.

Suwarto, S. (2021). The Characteristics of Indonesia Second-semester Final Test for Eighth-grade Students. Turkish Online Journal of Qualitative Inquiry, 12(9), 356-370.

Suwarto, M. P., & Musa, M. Z. B. (2022). Karakteristik Tes Ilmu Pengetahuan Alam. Jurnal Pendidikan, 31(1), 109-120.

Suwarto, M. P. (2022). Pedagogik Ilmu Pengetahuan Alam. Penerbit Lakeisha.

Suwarto, S. (2023). The Characteristics of the First Semester Final Test Indonesian Class 7. Turkish Online Journal of Qualitative Inquiry, 14(1), 68-89.

Suwarto, S., Suyahman, S., Meidawati, S., Zakiyah, Z., & Arini, H. (2023). The COVID-19 Pandemic and The Characteristic Comparison of English Achievement Tests. Perspektivy Nauki i Obrazovania, (2 (62)), 307-329.

Suwarto, S., & Hidayah, A. (2023). The Analysis of the Brain Dominance and Language Learning Strategy Used by University EFL Learners. Journal of General Education and Humanities, 2(1), 79-90.

Suwarto, S., & Hidayah, A. (2023). The Analysis on the Students Brain Dominance and Learning Style Toward Their Reading Proficiency. International Journal of Research and Innovation in Social Science, 7(1), 1201-1214.

Sudarwati, N., Nurhayati, D., Andayani, E., & Suwarto, S. (2023). Effects Of Using a Web Blog in Online Laboratory as A Digital Marketing Platform Towards Students’ Achievement with Different Motivation Levels in Entrepreneurship Learning Practicum. Eurasian Journal of Educational Research, 103(103), 173-189.

Suyo-Vega, J. A., Meneses-La-Riva, M. E., Fernández-Bedoya, V. H., Ocupa-Cabrera, H. G., Alvarado-Suyo, S. A., Polonia, A. da C., Miotto, A. I., & Gago-Chávez, J. de J. S. (2022). University teachers’ self-perception of digital research competencies. A qualitative study conducted in Peru. Frontiers in Education, 7. https://doi.org/https://doi.org/10.3389/feduc.2022.1004967

Tondeur, J., Howard, S., Zanten, M. Van, Gorissen, P., Neut, I. Van der, Uerz, D., & Kral, M. (2023). The HeDiCom framework: Higher Education teachers’ digital competencies for the future. Educational Technology Research and Development, 71, 33–53. https://doi.org/10.1007/s11423-023-10193-5

Vries, J. A. de, Dimosthenous, A., Schildkamp, K., & Visscher, A. J. (2022). The impact on student achievement of an assessment for learning teacher professional development program. Studies in Educational Evaluation, 74. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.stueduc.2022.101184

Wang, Z., & Chu, Z. (2023). Examination of Higher Education Teachers’ Self-Perception of Digital Competence, Self-Efficacy, and Facilitating Conditions: An Empirical Study in the Context of China. Sustainability, 15(14). https://doi.org/https://doi.org/10.3390/su151410945

Yang, L., Martínez-Abad, F., & García-Holgado, A. (2022). Exploring factors influencing pre-service and in-service teachers´ perception of digital competencies in the Chinese region of Anhui. Education and Information Technologies, 27(9), 12469–12494. https://doi.org/10.1007/s10639-022-11085-6

Downloads

Published

2025-11-24

How to Cite

Hidayah, A. N., & Mulyawati, I. M. (2025). Analisis Persepsi Guru Terhadap Penerapan 4 Kompetensi di Sekolah. Jurnal Pendidikan, 34(3), 203–216. https://doi.org/10.32585/jp.v34i3.7386

Issue

Section

Artikel

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.