Peran Guru Agama dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran dengan Bantuan Multimedia
DOI:
https://doi.org/10.32585/jkp.v4i1.459Keywords:
guru agama, mutu pembelajaran, multimediaAbstract
Kajian ini berangkat dari pengamatan penulis secara empiris dimana semua para guru di era digital ini ditantang untuk berubah ke arah inovasi, kreatif dan kompetitif yang disebut dengan era 4.0. Namun untuk sampai pada titik itu maka para guru harus berani keluar dari pola pengajaran yang kaku dan administratif. Oleh karena itu, para guru harus memiliki cara berpikir baru dalam menghadapi siswa di era digital, karena guru merupakan komponen penting dalam melaksanakan pembelajaran di sekolah. Selain memiliki pengaruh penting dalam pendidikan tersebut, guru harus menunjukkan keprofesionalnya dalam memanfaatkan segala media pembelajaran demi meningkatkan mutu pendidikan di sekolah. Lewat karya tulis ini, penulis mendorong para guru agama untuk memaksimalkan diri dalam mengggunakan teknologi sebagai alat bantu dalam melakukan proses pembelajaran sehingga menghasilkan output yang dapat mengikuti atau mengubah zaman menjadi lebih baik. Tidak ada alasan bagi para guru agama untuk berdalih sebagaimana yang telah ditemukan dalam penjelasan tulisan ini secara empiris. Sudah saatnya para guru meninggalkan proses pembelajaran yang cenderung mengutamakan media ceramah dan hafalan. Dengan menggunakan media pembelajaran yang tepat, maka peserta didik lebih siap dan percaya diri menghadapi berbagai tantangan dan perubahan yang ada di era revolusi industri 4.0.
Downloads
References
Abidin, Zaenal, Nurhayati, Fatimah, Lestari, Niken, … Dwi. (2018). Akhlak Mulia Ditinjau Dari Pendidikan Agama Islam dalam keluarga. 85–92.
Afifatu, R. (2015). Efektivitas Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 9(1), 15–32. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.21009/JPUD.091.02
AzharArsyad. (2007). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Febriyanto, B., & Yanto, A. (2019). Penggunaan media Flash Card untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 3(2), 108. https://doi.org/10.32585/jkp.v3i2.302
Groome, T. H. (2017). Christian Religious Education. Jakarta: BPK: Gunung Mulia.
Hasyim, M. H. M. (2014). Penerapan Fungsi Guru Dalam Proses Pembelajaran. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 1(2), 265–276. Retrieved from http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/auladuna/article/view/556/557
Khali, M. (2015). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Persindo.
M. Price. (2011). Jesus The Teacher. Bandung: Lembaga Literatur Baptis.
Nurseto, T. (2019). Membuat Media Pembelajaran yang Menarik. Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 19–35. https://doi.org/10.21831/jep.v8i1.706
Rusby, Z. et al. (2017). Upaya Guru Mengembangkan Media Visual dalam Proses Pembelajaran Fiqih di MAN Kuok Bangkinang Kabupaten Kampar. Al-Hikmah, 14(1), 18–37.
Sadiman, A. S. (2012). Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sahartian, S. (2018). Pemahaman Guru Pendidikan Agama Kristen Tentang II Timotius 3:10 Terhadap Peningkatan Kecerdasan Spiritual Anak Didik. FIDEI: Jurnal Teologi Sistematika Dan Praktika, 1(2), 146–172. https://doi.org/10.34081/fidei.v1i2.15
Sastrawan, K. B. (2018). Profesionalisme Guru Dalam Upaya. Jurnal Penjaminan Mutu, 2(2), 65–73.
Sidjabat, B. S. (2011). Mengajar Secara Profesional. Bandung: Kalam Hidup.
Sidjabat, B. S. (2017). Mengajar secara Profesional. Bandung: Kalam Hidup.
Surasmi, W. A. (2016). Pemanfaatan Multimedia untuk Mendukung Kualitas Pembelajaran. Temu Ilmiah Nasional Guru (TING) VIII, (November), 593-607-Halaman 597. Retrieved from wuwuh@ut.ac.id
Tafonao, T. (2019). Peran Guru Dalam Menangani Perilaku Menyimpang di Kalangan Siswa Millenial. Media Edukasi Indonesia (Anggota IKAPI), 53(9), 164–179. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Talizaro, T. (2018). PERANAN MEDIA PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MAHASISWA. Jurnal Komunikasi Pendidikan, Vol.2 No.2, Juli 2018 P-ISSN 2549-1725 E-ISSN 2549-4163, 2(2).
Tejo, N. (2011). Membuat Media Pembelajaran yang Menarik. Jurnal Ekonomi & Pendidikan.
Telaumbanua, A. (2018). Peranan Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Membentuk Karakter Siswa. FIDEI: Jurnal Teologi Sistematika Dan Praktika, 1(2), 219–231. https://doi.org/10.34081/fidei.v1i2.9
Usman. (2010). Menjadi Guru Profesional. Bandung: Angkasa.
Zen. (2010). Peranan Guru dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Gramedia.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Komunikasi Pendidikan agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.