Peran Guru Sejarah dalam Pemanfaatan Inovasi Media Pembelajaran
DOI:
https://doi.org/10.32585/jkp.v4i2.649Keywords:
Kreativitas, Inovasi, Guru Sejarah, MediaAbstract
Tujuan penulisan karya ilmiah ini adalah untuk menambah wawasan dan bahan referensi bagi guru-guru sejarah tentang pentingnya berkreativitas dan berinovasi terhadap pembelajaran sejarah melalui media pembelajaran inovatif. Dalama penelitian ini ini, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Sumber yang menjadi acuan penelitian ini adalah berdasarkan hasil pengamatan lapangan dan sumber referensi terkait penelitian. Hasil penelitian ini adalah meliputi (1) Peran guru sejarah dalam masa kini. Guru sejarah saat ini sampai mana kemampuannya dalam melakukan proses belajar mengajar. tentunya harus ada perubahan dalam pembelajaran di era globalisasi saat ini. (2) Kreativitas guru sejarah dalam memanfaatkan media pembelajaran. Guru-guru sejarah yang baik memiliki kemampuan atau tidak, harus saling bersinergi memanfaatkan media pembelajaran sesuai kebutuhan dan kenyamanan siswa dalam belajar. Berdasarkan hasil di atas dapat disimpulkan bahwa guru-guru sejarah harus mengikuti perkembangan zaman dalam memodifikasi pembelajaran agar dapat meningkatkan pemahaman dan prestasi siswa di Sekolah.
Downloads
References
Abrianto, Danny dan Sitompul, H. (2014). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Komputer dan Sikap Inovatif Terhadap Hasil Belajar Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi Dalam Pendidikan, 1(1), 50–62.
Agustiningsih, Nur & Fitri, N. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Blended Learning Program Studi Pendidikan Sejarah Universitas Batanghari Jambi. Diakronika, 19(2), 127–140.
Akbar, Amin & Noviani, N. (2019). Tantangan dan Solusi Dalam Perkembangan Teknologi Pendidikan di Indonesia. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG 03 MEI 2019, 18–25.
Andrijati, N. (2014). Penerapan Media Pembelajaran Inovatif Dalam Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar Di Pgsd Upp Tegal. Jurnal Penelitian Pendidikan Unnes, 31(2), 125160. https://doi.org/10.15294/jpp.v31i2.5696
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Asmi, A. R. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Audio berbasis Podcast pada Materi Sejarah Lokal di Sumatera Selatan. Historia: Jurnal Pendidik Dan Peneliti Sejarah, 3(1), 49–56. https://doi.org/10.17509/historia.v3i1.21017
Hasan, S. H. (2019). Said Hamid Hasan Pendidikan Sejarah untuk Kehidupan Abad Ke 21 M. HISTORIA: Jurnal Pendidik Dan Peneliti Sejarah, II(2), 61–72.
Hertiavi, M. A. (2020). Penerapan E-Learning dengan Platform Edmodo untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 4(1), 1–8.
Ilmiawan, A. (2018). Pengembangan Buku Ajar Sejarah Berbasis Situs Sejarah Bima (Studi Kasus pada Siswa Kelas X MAN 2 Kota Bima). JISIP, 2(3), 102–106.
Istiarsono, Z. (2016). Tantangan Pendidikan Dalam Era Globalisasi: Kajian Teoretik. Jurnal Intelegensia, 1(2), 19–24.
Joebagio, H. (2017). Tantangan Pembelajaran Sejarah di Era Globalisasi. ISTORIA: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sejarah, 13(1), 55–62. https://doi.org/10.21831/istoria.v13i1.17617
Krismawati, N. U. (2018). Kebutuhan Bahan Ajar Sejarah di SMA. Cendikia, 16(2), 355–374.
Kristanti, I., & Umamah, N. (2019). Jurnal Historica THE CHARACTER-BASED MODULES AND THEIR INFLUENCE ONHISTORICAL AWARENESS OF STUDENTS OF CLASS XI MIPA 4 SMAN PASIRIAN. Historica, 3(2252), 78–89.
Mansur, H. & R. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Infografis untuk Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 4(1), 37–48.
Minsih & Galih D, A. (2018). Peran Guru dalam Pengelolaan Kelas. PROFESI PENDIDIKAN DASAR, 5(1), 20–27.
Nugroho, F. (2019). Penggunaan Sumber Belajar Dalam Pembelajaran Sejarah Kontroversial. NOSARARA : JURNAL PENDIDIKAN DAN ILMU SOSIAL, 7(2), 177–191.
Pramayogi, D. (2019). Inovasi dalam pembelajaran sejarah. SINDANG: Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Kajian Sejarah, 1(2), 17–22.
Ratumanan, T. . (2015). Inovasi Pembelajaran. Yogyakarta: Ombak.
Risma, Juraid, dan S. (2016). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SEJARAH MELALUI PEMANFAATAN WEBSITE PADA KELAS XII TKJ 2 SMK NEGERI 1 BANAWA KABUPATEN DONGGALA. E Jurnal Katalogis, 4(10), 1–9.
Sadikin, M. (2019). Pemanfaatan Media Gambar Mata Pelajaran Sejarah Di Kelas X Ips Sma Muhammadiyah 2 Pontianak. 19(2), 121–126.
Setiono, Panut & Rami, I. (2017). Kreativitas Guru Dalam Menggunakan Media Pembelajaran Di Kelas V Sekolah Dasar. JURNAL GENTALA PENDIDIKAN DASAR, 2(2), 219–236.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Supriadi, D. (2017). Implementasi Manajemen Inovasi dan Kreatifitas Guru dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran. Indonesian Journal of Education Management and Administration Review, 1(2), 125–132.
Supriatna, N. (2019). Pengembangan Kreativitas Imajinatif Abad Ke-21 Dalam Pembelajaran Sejarah. HISTORIA: Jurnal Pendidik Dan Peneliti Sejarah, II(2), 73–82.
Susilo, Agus & Wulansari, R. (2019). Kuliah Lapangan Sejarah Sebagai Penguatan Pendidikan Karakter Mahasiswa STKIP PGRI Lubuklinggau. Criksetra: Jurnal Pendidikan Sejarah, 8(2), 1–17.
Susilo, A., & Irwansyah, Y. (2019). Pendidikan Dan Kearifan Lokal Era Perspektif Global. SINDANG: Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Kajian Sejarah, 1(1), 1–11. https://doi.org/10.31540/sdg.v1i1.193
Susilo, A., & Sarkowi, S. (2018). Peran Guru Sejarah Abad 21 dalam Menghadapi Tantangan Arus Globalisasi. Historia: Jurnal Pendidik Dan Peneliti Sejarah, 2(1), 43. https://doi.org/10.17509/historia.v2i1.11206
Tafonao, Talizaro & Ristiono, Y. B. (2020). Peran Guru Agama dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran dengan Bantuan Multimedia. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 4(1), 9–17.
Tafonao, T. (2018). Peran Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103–114.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Komunikasi Pendidikan agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.