Apakah Kartu Indonesia Pintar Berhasil Menurunkan Angka Putus Sekolah?

Authors

  • Farida Ainun Nikmah Universitas Negeri Surabaya
  • Nanda Tri Wardani Universitas Negeri Surabaya
  • nurul matsani Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.32585/jkp.v4i2.581

Keywords:

Social, Education

Abstract

Penelitin ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh dari adanya kartu indonesia pintar (KIP) terhadap tingkat angka putus sekolah yang terjadi di Indonesia. Data yang digunakan dalam penelitian ini didapat melalui studi literatur dengan cara mencari, mengumpulkan dan membaca berbagai jurnal ataupun artikel tentang KIP (Kartu Indonesia Pintar) dan angka putus sekolah yang ada, adapun dalam penelitian ini didukung pula dengan data sekunder mengenai jumlah penerima Program Kartu Indonsia Pintar (KIP)  yang diperoleh dari berbagai artikel terkait dan data tingkat angka putus sekolah di Indonesia yang di peroleh dari Badan Pusat Statistik (BPS). Setelah melakukan studi literatur dan mengumpulkan data, selanjutnya proses analisis data dilakukan dengan mengacu pada berbagai referensi yang telah digunakan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya Penambahan jumlah penerima KIP (Kartu Indonesia Pintar) berpengaruh terhadap jumlah angka putus sekolah, meskipun dalam pengimplementasiannya masih terdapat beberapa kendala yang dipicu oleh beberapa faktor penghambat namun perlu adanya langkah konkrit agar pengimplementasian terhadap jumlah penerima progam Kartu Indonesia Pintar (KIP) dapat tepat sasaran agar dapat berpengaruh secara maksimal terhadap penurunan angka putus sekolah di Indonsia.

Kata Kunci          : Kartu Indonsia Pintar (KIP), Tingkat Angka Putus Sekolah

References

Agsutina, N. (2018). Implementasi Program Indonesia Pintar ( PIP ) di Kelurahan Sinaksak Kecamatan Tapian Dolok Kabupaten Simalungun.

Astuti, R. S. (2017). Implementasi Kebijakan Kartu Indonesia Pintar Dalam Upaya Pemerataan Pendidikan Tahun Ajaran 2015 / 2016 Di Smp N 1 Semin. Jurnal Kebijakan Publik Edisi 2, 21–27. http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47597

Cucu Handayani, H. (2018). Implementasi Metode Promethee untuk Menentukan Penerima Kartu Indonesia Pintar ( KIP ) pada Sekolah Menengah Kejuruan. Seminar Nasional Multidisiplin 2018, September, 172–180.

Djoyosuroto, R. S., Prasetyono, D. W., & Mulyani, S. (2018). Implementasi Program Kartu Indonesia Pintar ( KIP ) DI SMA Negeri 2 Dumoga. Jurnal Manajamen Dan Administrasi Publk, 1(1), 15–30.

Ii, B. A. B., & Pustaka, K. (2010). BAB II KAJIAN PUSTAKA 2.1 Pengertian Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning 2.1.1 Model Pembelajaran.

Kip, P., Kartu, D. A. N., Sehat, I., Konsumsi, T., Tangga, R., Pembangunan, J. E., Ekonomi, F., & Marheingmailcom, E. (2019). Pengaruh Kebijakan Pemerintah Kartu Indonesia Di Kecamatan Dumoga Timur. 19(01), 32–43.

Perdana, A., Asrinaldi, & Asmawi. (2018). Implementasi UU. No. 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP) pada Pejabat Informasi dan Dokumentasi (PPID). JISPO: Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 8(2), 72–87.

Retnaningsih, H. (2017). Program Indonesia Pintar: Implementasi Kebijakan Jaminan Sosial Bidang Pendidikan (Studi di Kota Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur dan Kota Palembang, Provinsi Sumatera Selatan). Jurnal Aspirasi, 8(2), 161–177.

Rohaeni, N. E., & Saryono, O. (2018). Implementasi Kebijakan Program Indonesia Pintar ( PIP ) Melalui Kartu Indonesia Pintar ( KIP ) dalam Upaya Pemerataan Pendidikan. Journal of Education Management and Administration Review, 2(1), 1–12.

Saraswati, L. N. (2017). Implementasi Kebijakan Program Indonesia Pintar (PIP) pada Jenjang Sekolah Dasar di Kecamatan Sungai Pinang Kota Samarinda. EJournal Administrasi Negara, 5(Nomor 4), 6737–6749.

Setyawati, S. (2018). Efektivitas Program Kartu Indonesia Pintar Kabupaten Cilacap ( Studi Permendikbud No . 12 Skripsi Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri ( Iain ) Purwokerto. Skripsi IAIN Purwokerto, 12.

Sulhan, M., & Sasongko, T. (2017). IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PROGRAM PENANGGULANGAN KEMISKINAN MELALUI KERTU PENJAMIN SOSIAL DAN KARTU INDONESIA PINTAR PADA MASYARAKAT (Studi Kasus di Kelurahan Kauman Kota Malang). Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 6(1), 15–18.

Purwanto, M. A., Subroto, I. M. I., & Kurniadi, D. (2018). Sistem Rekomendasi Penerimaan Kartu Indonesia Pintar (Kip) Menggunakan Metode Simple Additive Weighting. TRANSISTOR Elektro Dan Informatika, 3(2), 111–119. https://doi.org/10.30659/EI.3.3.%P

Sugiyasari, A. S. (2016). Implementasi Program Indonesia Pintar Melalui Yogyakarta Implementation of Smart Indonesia Program Through Smart Card. 633–644.

Hermiyanty, Wandira Ayu Bertin, D. S. (2017). 済無No Title No Title. Journal of Chemical Information and Modeling, 8(9), 1–58. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Januarman, Ahyuni, & Purwaningsih, E. (2018). Jurnal buana. Buana, 3(3), 451–465.

Sugiarto, S., & Caraka, R. E. (2018). Pemodelan Dana Bos Terhadap Rata-Rata Nilai Rapot. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 1(1), 78. https://doi.org/10.32585/jkp.v1i1.19

Published

2020-07-30

How to Cite

Nikmah, F. A., Wardani, N. T., & matsani, nurul. (2020). Apakah Kartu Indonesia Pintar Berhasil Menurunkan Angka Putus Sekolah?. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 4(2), 72–78. https://doi.org/10.32585/jkp.v4i2.581

Issue

Section

Artikel