Optimalisasi Pendidikan Politik melalui Literasi Digital bagi Penyandang Disabilitas dalam Industri 4.0 di Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.32585/jkp.v5i1.800Keywords:
pendidikan politik, literasi digital, penyandang disabilitasAbstract
Revolusi industri 4.0 menandai babak baru terhadap perubahan masyarakat dari sisi sosial, politik, ekonomi dan budaya. Oleh sebab itu, revolusi industri 4.0 berdampak pada semua elemen masyarakat tanpa terkecuali juga bagi penyandang disabilitas. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan optimalisasi pendidikan politik melalui literasi digital bagi penyandang disabilitas dalam era revolusi industri 4.0 di Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deksriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan studi literatur melalui buku, jurnal, media cetak dan berita elektronik. Teknik analisa data merujuk model Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan optimalisasi pendidikan politik sangat mempengaruhi penyandang disabilitas untuk berpartisipasi dalam melaksanakan hak dan kewajibannya. Selain itu, literasi digital bagi penyandang disabilitas dapat meningkatkan pengetahuan untuk menghadapi revolusi industri 4.0. Dengan demikian, kebijakan yang sudah ditetapkan harus adanya monitoring dan evaluasi pemerintah dalam mengimplementasikan persamaan hak dan kewajiban bagi penyandang disabilitas terhadap pelayanan publik, pekerjaan, aksesibilitas dan lain-lain.
Downloads
References
Afifah, W. (2018). Pengaturan Hak Pendidikan Disabilitas (sebagai persiapan penerapan teknologi berkemanusiaan). In Prosiding SEMATEKSOS 3"Strategi Pembangunan Nasional Menghadapi Revolusi Industri 4.0" (pp. 272–280). Surabaya: IPTEK Journal of Proceeding Series. Retrieved from http://iptek.its.ac.id/index.php/jps/article/view/4446/3184
Asyadzili, M. A. (2019). Disabilitas Tunanetra Siap Menyambut Revolusi Industri 4.0 Melalui Gerakan Literasi. Retrieved from https://www.kompasiana.com/muktiali46.blogspot.com/5d400cb00d823030c02a71c2/disabilitas-tunanetra-siap-menyambut-revolusi-industri-4-0-melalui-gerakan-literasi?page=all
Azhar, I. E. A. (2019). Pemimpin Kampung Tunagrahita. JPPUMA: Jurnal Ilmu Pemerintahan Dan Sosial Politik UMA, 7(2), 209–2018. https://doi.org/10.31289/jppuma.v7i2.2918
Brakel, V. W. H. E. al. (2012). Disability in People Affected by Leprosy: The Role of Impairment, Activity, Social Participation, Stigma and Discrimination. Journal Global Health Action, 5(1), 1–12. https://doi.org/10.3402/gha.v5i0.18394
Desti, T. (2018). Hak Politik Bagi Penyandang Disabilitas Di Indonesia. Jurnal PPKn, 6(1), 1180–1188. Retrieved from http://ppkn.org/wp-content/uploads/2012/11/Jurnal-PPKn-Vol.-6-No.-1-Januari-2018.pdf#page=33
Gandapurnama, B. (2018). Potret Difabel Milenial di Era Digital. Detik News, p. 1. Retrieved from m.detic.com/news/berita-jawa-barat/d-4160886/potret-difabel-milenial-di-era-digital
Ghufron, M. . (2018). Revolusi Industri 4.0: Tantangan, Peluang dan Solusi Bagi Dunia Pendidikan. In Seminar Nasional dan Diskusi Panel Multidisiplin Hasil Penelitian & Pengabdian kepada Masyarakat (pp. 332–337). Jakarta: LPPM Unindra. Retrieved from http://proceeding.unindra.ac.id/index.php/dispanas2018/article/view/73/45
ILO. (2014). Inklusi Penyandang Disabilitas di Indonesia. Retrieved June 12, 2020, from https://www.ilo.org/wcmsp5/groups/public/---asia/---ro-bangkok/---ilo-jakarta/documents/publication/wcms_233426.pdf
In’am, A. (2020). Strategi Transformatif Perpustakaan Tingkat Desa dalam Gerakan Literasi Nasional. JIEM: Journal Of Islamic Education and Manajemen, 1(1), 1–20. Retrieved from http://ejournal.staida-krempyang.ac.id/index.php/JIEM/article/view/227/154
Indainanto, Y. I., & Nasution, F. A. (2020). Representasi Di Media Sosial Sebagai Pembentuk Identitas Budaya Populer. SEMIOTIKA: Jurnal Komunikasi, 14(1), 102–110. https://doi.org/10.30813/s:jk.v14i1.2200
Lassi., H. E. all. (2014). Industry 4.0. Business & Information Systems Engineering, 6(4), 239–242. https://doi.org/10.1007/s12599-014-0334-4
Maulana, R. A. (2019). Peran Sentra Advokasi Perempuan Difabel Dan Anak Terhadap Kaum Difabel Dalam Pemenuhan Aksesibilitas Informasi. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 8(3), 272–281.
Miles, M. B., Huberman, M. & S. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. (H. Salmon, Ed.) (3rd ed.). London: SAGE.
Mumpuni, S. D. (2017). Aksesbilitas Penyandang Disabilitas Dalam Pelayanan Publik Di Kabupaten Tegal. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 1(2), 133–142. Retrieved from http://journal.univetbantara.ac.id/index.php/komdik/article/view/24/24
Nasution, F. A., & Kushandajani, K. (2019). Partisipasi Politik Masyarakat Kecamatan Medan Maimun Pada Pemilihan Gubernur Sumatera Utara Tahun 2018. JPPUMA Jurnal Ilmu Pemerintahan dan Sosial Politik Universitas Medan Area, 7(2), 227–235. https://doi.org/10.31289/jppuma.v7i2.3015
Nasution, F. A. (2020). Menakar Partisipasi Politik Masyarakat Kota Medan Terhadap Pemilihan Walikota Medan Tahun 2020: Indonesia. Politeia: Jurnal Ilmu Politik, 12(2), 97–113. Retrieved from https://talenta.usu.ac.id/politeia/article/view/3955
Nasution, F. A., & Taher, Z. (2020). Pemberdayaan Pemerintahan Desa Dalam Membuat Peraturan Desa di Desa Bandar Khalipah Kabupaten Deli Serdang. Jurnal Ilmiah Muqoddimah: Jurnal Ilmu Sosial, Politik Dan Humanioramaniora, 4(2), 55–60. https://doi.org/10.31604/jim.v4i2.2020.%25p
Nasution, H. A. (2019). Memilih dan Dipilih, Hak Politik Penyandang Disabilitas Dalam Kontestasi Pemilihan Umum : Studi Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal HAM, 10(2), 161–178. https://doi.org/10.30641/ham.2019.10.161-178
Nawawi, H. (2017). Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Nazlia, N. (2019). Peranan Komisi Pemilihan Umum Kota Medan Dalam Memberikan Pendidikan Politik Bagi Penyandang Disabilitas. Jurnal Ilmu Pemerintahan, Administrasi Publik, Ilmu Komunikasi (JIPIKOM), 1(1), 18–25. https://doi.org/http://jurnalmahasiswa.uma.ac.id/index.php/jipikom/article/view/139
Neugebauer, R. E. a. (2016). Industrie 4.0 - From the Perspective of Applied Research. In 49th CIRP Conference on Manufacturing Systems (CiRP-CMS2016) (pp. 2–7). Elsevier. https://doi.org/10.1016/j.procir.2016.11.002
Ofuani, A. I. (2011). The Right to Economic Empowerment of Persons With Disabilities in Nigeria: How Enabled? African Human Rights Law Journal, 11(2), 639–658. Retrieved from http://www.scielo.org.za/scielo.php?script=sci_arttext&pid=S1996-20962011000200015
Pujianto, Agung & Tjahjono, E. (2018). Economic Empowerment Model of People with Disability in the Creative Industries. In 5th Annual International Conference on Management Research (AICMaR 2018) (pp. 6–10). Indonesia: Atlantis Press. https://doi.org/10.2991/aicmar-18.2019.2
Ritonga, A. D. (2018). Persepsi Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Sumatera Utara terhadap Pancasila sebagai Ideologi Negara. Politea : Jurnal Ilmu Politik, 10(2), 52–59. https://doi.org/10.32734/politeia.v10i2.627
Rubmann, M. E. al. (2015). Industry 4.0: The Future of Productivity and Growth in Manufacturing Industries. Retrieved from https://www.bcg.com/publications/2015/engineered_products_project_business_industry_4_future_productivity_growth_manufacturing_industries.aspx
Sanusi, A. R. (2016). Implementasi Pendidikan Politik Dalam Membentuk Karakter Kepemimpinan Lintas Budaya Pada Generasi Muda Demi Mewujudkan Budaya Politik Pancasila (Studi Deskriptif terhadap Organisasi Kepemudaan Gerakan Pemuda Ansor Jawa Barat). JPIS, Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 25(1), 24–40. Retrieved from https://ejournal.upi.edu/index.php/jpis/article/view/3668/2620
Saputra, H. N. (2020). Potret Sikap Mahasiswa dalam Penggunaan Literasi Digital. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 4(2), 94–101. Retrieved from http://journal.univetbantara.ac.id/index.php/komdik/article/view/667/pdf
Schmidt, R. E. al. (2015). Industry 4.0 - Potentials for Creating Smart Products: Empirical Research Results. In International Conference on Business Information Systems (pp. 16–27). Springer. https://doi.org/10.1007/978-3-319-19027-3_2
Schwab, K. (2016). The Fourth Industrial Revolution. New York: World Economic Forum. Retrieved from https://luminariaz.files.wordpress.com/2017/11/the-fourth-industrial-revolution-2016-21.pdf
Suharyanto, A. (2015). Pendidikan dan Proses Pembudayaan Dalam Keluarga. Jupis: Jurnal Pendidikan Ilmu - Ilmu Sosial, 7(2), 162–165. https://doi.org/10.24114/jupiis.v7i2.3123
Suharyanto, A. (2016). Surat Kabar Sebagai Salah Satu Media Penyampaian Informasi Politik pada Partisipasi Politik Masyarakat. Jurnal Adminitrasi Publik, 6(2), 123–136. https://doi.org/10.31289/jap.v6i2.1051
Surbakti, R. (2010). Memahami Ilmu Politik. (F. A. Herfan Djoni, Ed.) (VII). Jakarta: PT Grasindo.
Suwardana, H. (2018). Revolusi Industri 4.0 Berbasis Revolusi Mental. JATI UNIK : Jurnal Ilmiah Teknik Dan Manajemen Industri, 1(2), 109–118. Retrieved from http://ojs.unik-kediri.ac.id/index.php/jatiunik/article/view/117/87
Syaifurrohman, S., & Erowati, D. (2020). Aksesibilitas Penyandang Disabilitas Pada Pemilu 2019 Di Kabupaten Wonosobo. Jurnal Ilmiah Muqoddimah: Jurnal Ilmu Sosial, Politik dan Humanioramaniora, 4(2), 118–130. https://doi.org/10.31604/jim.v4i2.2020.118-130
Tempo.co. (2019, November). Berapa Banyak Penyandang Disabilitas di Indonesia? Simak Data Ini. Tempo.Co, p. 1. Retrieved from https://difabel.tempo.co/read/1266832/berapa-banyak-penyandang-disabilitas-di-indonesia-simak-data-ini
Thamrin, M. H., Nasution, M. A., & Nasution, F. A. (2020). Problematik Data Pemilih pada Pemilihan Kepala Daerah Tahun 2018 Di Kota Medan. JURNAL SOSIAL POLITIK, 6(2), 156–166. https://doi.org/10.22219/sospol.v6i2.11367
Wibowo, A. S. (2017). Filsafat Pendidikan-Politik Platon. Yogyakarta: Pt Kanisius.
Widiyawati, A. T. (2019). Kajian Literasi Media Digital Library Universitas Brawijaya (Studi Kasus Pada Mahasiswa Tuna Netra Universitas Brawijaya). Tik Ilmeu: Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 3(1), 1–26. Retrieved from http://journal.iaincurup.ac.id/index.php/TI/article/view/617/575
Yusnaini. (2019). Era Revolusi Industri 4.0: Tantangan Dan Peluang Dalam Upaya Meningkatkan Literasi Pendidikan. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang 12 Januari 2019 (pp. 1073–1085). Palembang: Univ. PGRI Palembang. Retrieved from https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/view/2668/2473
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Komunikasi Pendidikan agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.