KEPUASAN KONSUMEN MUDA TERHADAP DESAIN KEMASAN BERAS ORGANIK DI INDONESIA
DOI:
https://doi.org/10.32585/ags.v7i2.4298Keywords:
Kemasan, Kepuasan, Konsumen mudaAbstract
Pengembangan produk beras organik penting untuk menarik konsumen muda untuk membeli dan mengonsumsi. Saat membeli produk, pengemasan adalah daya tarik terpenting bagi konsumen. Selain itu, konsumen juga menginginkan bentuk kemasan yang menjaga produk dalam kondisi baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan kepuasan konsumen muda terhadap kemasan beras organik di Indonesia. Penelitian dilakukan di berbagai kota Indonesia seperti Jakarta, Semarang, Jogjakarta, Bojonegoro, Kotawaringin Barat, penajam paser utara dan Soloraya dengan responden konsumen beras organik pada usia 17-35 tahun. Data dianalisis menggunakan analisis CSI (Customer Satisfaction Index). Hasil temuan menunjukan bahwa kepuasan konsumen muda terhadap atribut kemasan beras organik di Indonesia tergolong sangat puas. Estetika kemasan menjadi atribut yang harus mendapatkan perhatian untuk ditingkatkan agar dapat meningkatkan kepuasan konsumen dalam berbelanja.Downloads
References
Agustian, A., Ramdan, A. M. and Jhoansyah, D. .2022. .Analisis Kepuasan Konsumen Dan Pencarian Variasi Terhadap Perpindahan Merek Pada Mie Instan. Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 3(3), pp. 1490–1496.
Aliansi Organis Indonesia .2020. SPOI: Statistik Pertanian Organik Indonesia 2019. Edited by A. R. Firman and W. David. Bogor: Aliansi Organis Indonesia.
Anwaristi, A. Y. 2021. Kepuasan Konsumen Terhadap Pasta Gigi Daun Sirih (Piper betle L.) Di Kota Surakarta. Jurnal Ilmiah Agrineca, 21(1), pp. 14–19.
Cinantya, I. G. 2017. Kajian visual estetik pada desain kemasan produk cokelat UKM kelompok tani elok Mekar Sari Surabaya. Jurnal Desain Idea: Jurnal Desain Produk Industri Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya, 16(2), pp. 6–12.
Dangelico, R. M. and Pontrandolfo, P. 2010 ‘From green product definitions and classifications to the Green Option Matrix. Journal of cleaner production. Elsevier, 18(16–17), pp. 1608–1628.
David, W. .2017. ‘Organic agriculture in Indonesia: challenges and opportunities. Organic Agriculture. Springer, 7(3), pp. 329–338.
Hawa, L. C., Setiawan, W. P. and Ahmad, A. M. .2018. Aplikasi teknik penyimpanan menggunakan pengemas vakum pada berbagai jenis beras’, Jurnal Keteknikan Pertanian Tropis dan Biosistem, 6(2), pp. 145–156.
Kanchanapibul, M. et al. .2014. An empirical investigation of green purchase behaviour among the young generation. Journal of cleaner production. Elsevier, 66, pp. 528–536.
Kartikasari, R. D. .2020. Analisis Customer Satisfaction Index (CSI) Terhadap Kinerja Pedagang Sayuran Di Pasar Tradisional Kabupaten Sukoharjo. Jurnal Ilmiah Agrineca, 20(1), pp. 27–35.
Leghari, S. J. et al. .2016. Role of nitrogen for plant growth and development : A review. Advances in Environmental Biology.
Maharani, R. A. N. and Alam, I. A. 2022. ‘Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Selama Pandemi Covid-19 Pada Kebab Salahuddin. Sibatik Journal: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, Dan Pendidikan, 1(4), pp. 235–242.
Maryono, M., Effendi, H. and Krisanti, M. 2016 ‘Analisis kepuasan wisatawan untuk manajemen pantai di wisata Pantai Tanjung Bira. Jurnal Pariwisata, 3(2), pp. 95–104.
Mullan, M. and McDowell, D. 2011. Modified atmosphere packaging. Food and beverage packaging technology. Wiley‐Blackwell Oxford, UK, pp. 263–294.
Mustikasari, A. .2020. ‘Analisis Pengaruh Kualitas Produk Dan Pelayanan Terhadap Tingkat Kepuasan Konsumen (Studi Kasusfood Court UNY). Jurnal Ilmiah Dinamika Teknik.
Nugrahani, R. .2015. Peran desain grafis pada label dan kemasan produk makanan umkm. Imajinasi: Jurnal Seni, 9(2), pp. 127–136.
Nurjaya, N. et al. 2022. Pengaruh Promosi dan Store Atmosphere Terhadap Kepuasan Konsumen pada Pigeonhole Coffee di Bintaro Tangerang Selatan. Jurnal Tadbir Peradaban, 2(2), pp. 147–153.
Palelu, D. R. G., Tumbuan, W. J. F. A. and Jorie, R. J. .2022. Pengaruh Persepsi Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Kamsia Boba Di Kota Lawang. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 10(1), pp. 68–77.
Pradika, M. D. A., Swandi, I. W. and Mudra, I. W. .2020. Kajian Ilustrasi, Tipografi, dan Warna dalam Membentuk Estetika pada Desain Kemasan Pod Cokelat Edisi Dark Chocolate Bali. Prabangkara: Jurnal Seni Rupa Dan Desain, 24(2), pp. 59–63.
Purwasasmita, I. M. and Sutaryat, I. A. .2014. Padi Sri Organik Indonesia (Edisi Revisi). Penebar Swadaya Grup.
Rahnama, H. and Rajabpour, S. .2017. ‘Identifying effective factors on consumers’ choice behavior toward green products: the case of Tehran, the capital of Iran’, Environmental Science and Pollution Research. Springer, 24(1), pp. 911–925.
Rivera, J. J., Bigne, E. and Curras-Perez, R. .2016. ‘Effects of corporate social responsibility perception on consumer satisfaction with the brand’, Spanish Journal of Marketing-ESIC. Elsevier, 20(2), pp. 104–114.
Srihidayati, G. .2023. Perancangan Logo dan Desain Kemasan Keripik Pisang Tanduk Arjuna di Kota Palopo’, Perbal: Jurnal Pertanian Berkelanjutan, 11(1), pp. 74–82.
Supiani, S. and Sinaini, L. .2020. Analisis Pendapatan Usaha Tanaman Hias (Studi Kasus UD. Rahma Nurseri di Desa Bangunsari Kabupaten Muna). Paradigma Agribisnis, 3(1), pp. 1–6.
Supriyadi, S. et al. .2018. Kemandirian Benih Padi Unggul Lokal Sebagai Kunci Keberhasilan Membangun Pertanian Organik. Prosiding Konferensi Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat dan Corporate Social Responsibility (PKM-CSR), 1, pp. 1846–1858.
Susanto, H. 2019. Usulan Desain Kemasan Sepatu Menggunakan Rasional pada PT XYZ. UAJY.
Syarif, A. and Widodo, A. 2020. Analysis Of Service Quality And Consumer Satisfaction Using Customer Satisfaction Index (CSI) And Important Performance Analysis (IPA) In Workshop Auto2000 Asia Afrika Bandung. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 4(3), pp. 685–701.
Yadav, R. and Pathak, G. S. 2016. Young consumers’ intention towards buying green products in a developing nation: Extending the theory of planned behavior. Journal of Cleaner Production. Elsevier, 135, pp. 732–739.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 AGRISAINTIFIKA: Jurnal Ilmu-Ilmu Pertanian
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.