Model Pembelajaran Predict Observe Explain (POE): Dampaknya Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Pada Materi Stoikiometri

Authors

  • Ayu Rahayu Universitas Sembilanbelas November Kolaka
  • Radiatul Adewia Universitas Sembilanbelas November Kolaka
  • Dian Permana Universitas Sembilanbelas November Kolaka
  • Agus Nasir Universitas Sembilanbelas November Kolaka

DOI:

https://doi.org/10.32585/jp.v33i3.5320

Abstract

Pemecahan masalah adalah salah satu skill yang perlu dimiliki siswa di abad 21. Seseorang yang berpikir kritis, analitis, dan imajinatif akan mudah dalam pemecahan masalah kimia. Penelitian ini termasuk dalam penelitian eksperimen, yang bermaksud mengetahui bagaimana kemampuan pemecahan masalah siswa setalah diimplementasikan model POE kelas X SMA Negeri 1 Pomalaa. Populasi sebanyak 278 yang kemudian menjadi sampel sebanyak 60 siswa melalui teknik random sampling. Kelas X.2 dijadikan sebagai kelas kontrol dan kelas X.6 dijadikan sebagai kelas eksperimen. Pendekatan pengumpulan data dilakukan melalui dokumentasi,wawancara,observasi dan ujian kemampuan pemecahan masalah.Analisis deskriptif dan inferensial, serta pengujian prasyarat dan hipotesis sebagi tahapan dari analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa data yang dihasilkan terdistribusi normal dan homogen Selanjutnya dilakukan pengujian hipotesis berupa independent sample test post-test dengan nilai sig 0.000 kecil dari 0.05 sehingga dinyatakan bahwa ada pengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa akibat dari penggunaan model Predict Observe Explain di kelas X SMA Negeri 1 Pomalaa pada materi stoikiometri.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alim, N., Tasrim, I.W., dan Syahrul, S. (2021). Persepsi Generasi Milenial terhadap Model Pendidikan Islam Berbasis Keterampilan Abad 21. Shautut Tarbiyah, 27(2).

Aljaberi, N.M., dan Gheith, E. (2016). Pre-Service Class Teacher Ability in Solving Mathematical Problems and Skills in Solving Daily Problems. Higher Education Studies, 6(3.

Arieska, P.K., dan Herdiani, N. (2018) . Pemilihan Teknik Sampling Berdasarkan Perhitungan Efisiensi Relatif. Jurnal Statistika, 6(2) .

Armagan, F.O., Sagir, S.U., dan Celik, A.Y. (2009). The effects of students’ problem solving skills on their understanding of chemical rate and their achievement on this issue. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 1(1).

Asari, A., Toloh, B.H., dan Sangari, J.R.R. (2018). Pengembangan Ekowisata Bahari Berbasis Masyarakat di Desa Bahoi, Kecamatan Likupang Barat, Kabupaten Minahasa Utara. Jurnal Ilmiah Platak, 6(1).

Fatma, A.D., dan Partana, C.F. (2019) .Pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis android terhadap kemampuan pemecahan masalah kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 5(2).

Festus, C., dan Ekpete, O.A. (2012). Improving Students Performance and Attitude towards Chemistry through Problem-Based-Solving Techniques. International Journal of Academic Research in Progressive Education and Development, 1(1).

Gunawan, Hairunnisya, S., Ahmad, H., dan Made, Y.S. (2017). The Effect Of Project Based Learning With Virtual Media Assistance On Student’s Creativity In Physics. Cakrawala Pendidikan, (2).

Hasibuan, A.M., Saragih, S., dan Amry, Z. (2019). Development of Learning Materials Based on Realistic Mathematics Education to Improve Problem Solving Ability and Student Learning Independence. International Electronic Journal Of Mathematics Education, 14(1).

Hidayah, A., dan Yuberti (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Poe (Predict-Observe-Explain) Terhadap Keterampilan Proses Belajar Fisika Siswa Pokok Bahasan Suhu Dan Kalor. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 01(1).

Irsyam, (2020). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah pada Siswa Kelas XI-IPA SMAN 1 Sinjai Tengah (Materi Pokok Laju Reaksi). Chemica, 21(2).

Jennita R., Abubakar, dan Wiwik, N. (2019). Penerapan Model Problem Based Learning Menggunakan Lembar Kerja Siswa Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Belajar Kimia Siswa Kelas X di SMA Negeri 1 Angkola Barat’. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran MIPA, 4.

Jundu, R., Prodjosantoso, A.K., Apolonia, H.P., dan Silfanus, J. (2018). Problem Based Learning (PBL) Menggunakan Pendekatan Saintifik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Kimia Siswa. Journal of Komodo Science Education, 01(01).

Lestari, D., Haris., dan Hakim. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures ( Cups ) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Kimia. Chemistry Education Practice, 2 (1).

Maryanti, S. (2018). Model Pembelajaran Kooperatif Co-Op Co-Op dengan Pendekatan PredictObserve-Explain untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Jurnal Matematika 1(3).

Mustapa, Cawang, dan Qurbaniah, M. (2017). Hubungan Antara Kesadaran Metakognisi Dengan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Kimia Kelas Xi Sma Muhammadiyah 1 Ketapang. Ar-Razi Jurnal Ilmiah, 5(2).

Nabila, I.F., dan Sri, H. (2022). Pengembangan Instrumen Tes Berbasis Pemecahan Masalah Pada Materi Redoks. Jurnal Chemistry in Education, 2(3).

Nisa, K.R. (2019). Pengaruh Gaya Belajar Visual, Auditorial Dan Kenestetik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. Jurnal birunimatika, 4(2).

Parhusip, S., Manurung, S., & Siahaan, T. M. (2022). Pengaruh Model Logan Avenue Problem Solving (LAPS) Heuristic Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis siswa di kelas VIII. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(6), 813-823.

Pramudita, I.F.E., Praherdhiono, H., dan Adi, E.P. (2021). Studi Keterampilan Abad 21 Mahasiswa Dalam Memilih Peminatan. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 4(3).

Rahayu, A., Alimuddin, A., & Adewia, M. (2023). Pengaruh Model PLTL Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep pada Materi Tata Nama Senyawa. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 4(3), 344-354.

Rahayu, A., & Sari, R. S. (2023). Guided Inquiry-Based Basic Chemistry Practicum Guidelines and Its Impact on Students' Science Process Skills and Critical Thinking Skills. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 7(1), 1-9.

Resmelni, (2015). The Application of Blended Learning to Improve Self Regulated Learning and Problem Solving Skills. Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran, 2.

Selly, N.A., (2021). Pembelajaran Peer Teaching (Tutor Sebaya) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kimia Pada Materi Elektrokimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Menenga.

Sugiyono, (2013). Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Supiyati, H., Hidayati, H, Rosidi, I., dan Wulandari, A.Y.R. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Menggunakan Model Guided Inquiry Dengan Pendekatan Keterampilan Proses Sains Pada Materi Pencemaran Lingkungan. Jurnal Natural Science Education Reseach, 2(1)

Suwarto, S. (2005). Pengaruh Ukuran Sampel dari Model Logistik terhadap Estimasi Parameter Item. Jurnal Pendidikan, 14(2).

Suwarto, S. (2012). Tingkat Kesulitan, Daya Beda, dan Reliabilitas Tes Menurut Teori Tes Klasik. Jurnal Pendidikan, 16(2).

Suwarto. (2013). Difficulty, Difference, and Reliability Level of New Student Selection Test for Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo University. National Seminar on Science Education. 652- 658.

Suwarto. (2013). Pengembangan Tes Diagnostik Dalam Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suwarto. (2016). The Biology Test Characteristic of 7th Grade by The Period of The Odd Term. Jurnal Penelitian Humaniora. 17(1), 1-8.

Suwarto, S. Daya Beda, Tingkat Kesulitan, dan Tebaan Tes Biologi Kelas 8 Semester Gasal. In Proceeding Biology Education Conference: Biology, Science, Enviromental, and Learning (Vol. 13, No. 1, pp. 151-158).

Suwarto, S. (2017, March). Tingkat Kesulitan, Daya Beda, dan Reliabilitas Tes Biologi Kelas 7 Semester Genap. In Seminar Nasional MIPA 2016.

Suwarto, S. (2017). Pengembangan tes ilmu pengetahuan alam terkomputerisasi. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 21(2), 153-161.

Suwarto, S., Widoyoko, E., & Setiawan, B. (2020, February). The effects of sample size and logistic models on item parameter estimation. In Proceedings of the 2nd International Conference on Education, ICE 2019, 27-28 September 2019, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia.

Suwarto, M. P. (2021). Menggunakan Quizizz untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan, 30(3), 499-514.

Suwarto, S. (2021). Using Quizizz To Improve Reading Comprehension Learning. Turkish Online Journal of Qualitative Inquiry, 12(9).

Suwarto, S. (2021). The Characteristics of Indonesia Second-semester Final Test for Eighth-grade Students. Turkish Online Journal of Qualitative Inquiry, 12(9).

Suwarto, M. P., & Musa, M. Z. B. (2022). Karakteristik Tes Ilmu Pengetahuan Alam. Jurnal Pendidikan, 31(1), 109-120.

Suwarto, M. P. (2022). Pedagogik Ilmu Pengetahuan Alam. Penerbit Lakeisha.

Suwarto, S. (2023). The Characteristics of the First Semester Final Test Indonesian Class 7. Turkish Online Journal of Qualitative Inquiry, 14(1).

Suwarto, S., Suyahman, S., Meidawati, S., Zakiyah, Z., & Arini, H. (2023). The COVID-19 Pandemic and The Characteristic Comparison of English Achievement Tests. Perspektivy Nauki i Obrazovania, (2 (62)), 307-329.

Suwarto, S., & Hidayah, A. (2023). The Analysis of the Brain Dominance and Language Learning Strategy Used by University EFL Learners. Journal of General Education and Humanities, 2(1), 79-90.

Suwarto, S., & Hidayah, A. (2023). The Analysis on the Students Brain Dominance and Learning Style Toward Their Reading Proficiency. International Journal of Research and Innovation in Social Science, 7(1), 1201-1214.

Sudarwati, N., Nurhayati, D., Andayani, E., & Suwarto, S. (2023). Effects Of Using a Web Blog in Online Laboratory as A Digital Marketing Platform Towards Students’ Achievement with Different Motivation Levels in Entrepreneurship Learning Practicum. Eurasian Journal of Educational Research, 103(103), 173-189.

Zakaria, (2021). Kecakapan Abad 21 dalam Pembelajaran Pendidikan Dasar Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Dirasah, 4(2).

Zakiyah, Ibnu, S., dan Subani. (2018). Analisis Dampak Kesulitan Siswa Pada Materi Stoikiometri Terhadap Hasil Belajar Termokimia. EduChemica: Jurnal Kimia dan Pendidikan, 3(1).

Zebua, Y., Zagoto, M.M., dan Dakhi, O. (2021). Implementasi Model Pembelajaran Predict Observe Explain Berbasis Drill and Practice Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Prestasi Belajar Pada Mata Kuliah Pemindahan Tanah Mekanis. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(2).

Downloads

Published

2024-11-01

How to Cite

Rahayu, A., Adewia, R., Permana, D., & Nasir, A. (2024). Model Pembelajaran Predict Observe Explain (POE): Dampaknya Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Pada Materi Stoikiometri. Jurnal Pendidikan, 33(3), 613–622. https://doi.org/10.32585/jp.v33i3.5320

Issue

Section

Artikel