Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa Sekolah Menengah Atas
DOI:
https://doi.org/10.32585/jkp.v3i2.299Keywords:
inkuiri terbimbing, keterampilan proses sains, tindakan kelasAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan proses sains siswa dengan pendekatan inkuiri terbimbing pada siswa kelas XI IPA7 SMA Negeri 2 Madiun Tahun Pelajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (action research) dengan tahapan perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Data dikumpulkan dengan tes tertulis untuk keterampilan. Pembelajaran dengan pendekatan inkuiri terbimbing memiliki dampak positif dalam meningkatkan keterampilan proses sains siswa yang ditandai dengan ketuntasan secara klasikal dari siklus I (46,26%) menjadi (83,22) pada siklus II. Hasil belajar keterampilan siswa meningkat setelah mengikuti pembelajaran model IDL Terbimbing dengan persentase ketuntasan klasikal dari siklus I (62,50%) menjadi (90,63%) pada siklus II.
Downloads
References
Arend, Richard I. 2008. Learning To Teach. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Arikunto, S. 2008. Manajemen Penelitian. Jakarta: PT.Rineka Cipta.
_______. 2009. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT.Rineka Cipta.
Borich, gary D and Choo Ong, Ai. 2006. Teaching Strategies That Promote Thinking, Model and Curriculum Approaches. McGraw-Hill: Education Asia.
Haryono, Eko. 2001. Peningkatan Kualitas pembelajaran Fisika SLTP Berdasarkan Model Penemuan Terbimbing (Guided Discovery). Tesis. Tidak Dipublikasikan. Surabaya: Unesa.
Hamalik, Oemar. 1993. Strategi belajar mengajar. Bandung: Mandar Maju.
Handayani, Sri. 2009. Fisika Untuk SMA dan MA Kelas XI. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional
Joice, Weil. 1992. Models of Teaching fifth edition. A Simon & Schuster Company, Printed in the United States of America.
Jamal, A. M. 2009. Pengembangan Teknik Pemodelan Fisika Melalui Pengajaran Langsung pada Perkuliahan Fisika Dasar. Tesis. Tidak Dipublkasikan. Surabaya: Unesa.
Kanginan, Marthen. 2007. Fisika untuk SMA kelas X Semester 2. Jakarta: Erlangga
Nur, M. 2008. Pembelajaran Kooperatif edisi 2. Surabaya: Unesa.
Nur, M. 2008. Pengajaran Berpusat kepada Siswa dan Pendekatan Kontruktivis dalam Pengajaran edisi 3. Surabaya: Unesa
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Komunikasi Pendidikan agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.