Pembelajaran Kosa Kata Bahasa Inggris dengan Media Cerita Rakyat bagi Siswa Kelas V Sekolah Dasar

Authors

DOI:

https://doi.org/10.32585/jkp.v5i1.913

Keywords:

Cerita Rakyat, Penguasaan Kosakata, Penelitian Tindakan Kelas

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah agar penggunaan cerita rakyat dapat digunakan siswa untuk menguasai kosa kata dan memotivasi mereka untuk belajar bahasa Inggris. Penelitian dilakukan pada siswa kelas V SDN 01 Suruh Tasikmadu Karanganyar tahun pelajaran 2019/2020. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan buku cerita rakyat dalam meningkatkan penguasaan kosakata siswa dapat berhasil dan mampu meningkatkan penguasaan kosa kata siswa. Selain itu, kendala pada siswa seperti malu, canggung, gugup dan takut juga berangsur-angsur berkurang saat pembelajaran kosakata berlangsung. Nilai siswa juga mengalami kemajuan dari siklus satu ke siklus dua. Nilai rata-rata pretes adalah 65,58, nilai rata-rata posttes adalah 70,29 dan nilai rata-rata posttes kedua adalah 78,38.

References

Aisyah, N. S., Hidayatur Rahma, N. A., & Yugafiati, R. (2019). Improving Student’S Vocabulary Mastery Through Cooperative Script on Descriptive Text. PROJECT (Professional Journal of English Education), 2(2), 181. https://doi.org/10.22460/project.v2i2.p181-186

Ary, Donald; Jacobs, L; & Asghar Razaviech. 2010. Introduction to Research in Education. Belmont, USA: Wadsworth Cengage Learning

Anwar, Y. T., & Efransyah, E. (2018). Teaching English Vocabulary Using Crossword Puzzle Game At the Seventh Grade Students. PROJECT (Professional Journal of English Education), 1(3), 235. https://doi.org/10.22460/project.v1i3.p235-240

Burns, Anne. 2010. Doing Action Research in English Language Teaching (A Guide for Practitioners). New York: Routledge.

Depdiknas. 2013. Undang-Undang Republik Indonesia no. 20 tahun 2013 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Dikul, J., & Kiting, R. (2019). The Use of Folklore as Educational Entertainment Materials. The International Journal of Social Sciences and Humanities Invention, 6(6), 5521–5523. https://doi.org/10.18535/ijsshi/v6i6.06

Ellisafny, C. A. P., Asmarani, R., & Hardiyanto. (2019). Learning Folklore Using English Language Teaching ( ELT ) Materials for Students. Journal of Cultural, Literacy, and Linguistics Studies, 3(1), 13–17.

Engliana, Nina Dwiastuty, Ira Miranti, N. (2020). Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Cerita Rakyat Pada Pelajaran Bahasa Inggris di Perguruan Tinggi. Jurnal Pendidikan Karakter, 1(Tahun X), 103–118. 10.21831/jpk.v10i1.28814

Ernawati, Endang. (2016). Tell Tale Increasing Skill : Increasing Indonesian Student Reading Comprehension. Humaniora, 7(2016), 577–587.

Ernawati, Ernawati. (2017). the Use of Bilingual Stories To Improve the Student’S Mastery of English Vocabulary: a Case of the Eight Grade Students of Smp N 2 Grobogan. ETERNAL (English Teaching Journal), 4(2), 127–138. https://doi.org/10.26877/eternal.v4i2.1952

Ghaemi, F. (2017). The Impact of Telegram as a Social Network on Teaching English Vocabulary among Iranian Intermediate EFL Learners. International Journal of Information and Communication Sciences, 2(5), 86. https://doi.org/10.11648/j.ijics.20170205.15

Hidayat, A. P., & Syahrizal, T. (2020). Improving Students’ Vocabulary Mastery Through Team Games Tournament Technique in Recount Text. PROJECT (Professional Journal of English Education), 3(2), 231. https://doi.org/10.22460/project.v3i2.p231-236

Holidazia, R., & Rodliyah, S. (2020). Strategi Siswa Dalam Pembelajaran Kosa Kata Bahasa Inggris. Jurnal Penelitian Pendidikan, 20(1), 111–120.

Ida Bagus Nyoman, M., & Dewa Gede Agung Gana, K. (2018). Folktales As Meaningful Cultural and Linguistic Resources To Improve Students’ Reading Skills. Lingua Scientia, 25(2), 83. https://doi.org/10.23887/ls.v25i2.18827

Liyana, A., & Kurniawan, M. (2019). Speaking Pyramid sebagai Media Pembelajaran Kosa Kata Bahasa Inggris Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 225. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.178

McDowell, J. (2018). Folklore and Sociolinguistics. Humanities, 7(1), 9. https://doi.org/10.3390/h7010009

Nuraeningsih, N., & Rusiana, R. (2016). Improving Students’ Vocabulary Mastery through TPR Storytelling. IJELTAL (Indonesian Journal of English Language Teaching and Applied Linguistics), 1(1), 49. https://doi.org/10.21093/ijeltal.v1i1.3

Richards, Jack C. 2002. The Context of Language Learning and Teaching. New York: Cambridge University Press.

Santoso, I., & Andriyadi, A. (2019). the Use of My Dictionary Application To Improve Students’ Vocabulary Mastery. ELTIN JOURNAL, Journal of English Language Teaching in Indonesia, 7(1), 35. https://doi.org/10.22460/eltin.v7i1.p35-42

Sumayana, Y. (2017). Pembelajaran Sastra Di Sekolah Dasar Berbasis Kearifan Lokal (Cerita Rakyat). Mimbar Sekolah Dasar, 4(1), 21–28. https://doi.org/10.23819/mimbar-sd.v4i1.5050

Syafrizal, S., & Haerudin, H. (2018). the Implementation of Vocabulary Building Strategy in Teaching English Vocabulary To Young Learners. Jo-ELT (Journal of English Language Teaching) Fakultas Pendidikan Bahasa & Seni Prodi Pendidikan Bahasa Inggris IKIP, 5(1), 40. https://doi.org/10.33394/jo-elt.v5i1.2296

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Thornbury, Scott. 2002. How to Teach Vocabulary. London: Longman Pearson Education Limited

Tri Widyahening, C. E., & Mafiah, I. (2019). Penggunaan Media Word Webs Dalam Pembelajaran Kosa Kata Bahasa Inggris Di Sdnn 01 Suruh Tasikmadu Karanganyar. ADIWIDYA, 3(2), 50–59.

Yektiningtyas, W. (2019). Igniting Foltales as Children’s Learning Sources in Sentani Jayapura Papua. LITERA, 18(1), 105–117.

Downloads

Published

2021-01-30

How to Cite

Tri Widyahening, C. E., & Rahayu, M. S. (2021). Pembelajaran Kosa Kata Bahasa Inggris dengan Media Cerita Rakyat bagi Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 5(1), 108–123. https://doi.org/10.32585/jkp.v5i1.913

Issue

Section

Artikel