Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Berdasarkan Resiliensi Matematis Siswa yang Memiliki Kegemaran Bidang Seni Kaligrafi

Authors

  • Siti Ummu Habibah Universitas Islam Malang
  • Abdul Halim Fathani Scopus ID: 57212103227, Universitas Islam Malang, Jawa Timur
  • Isbadar Nursit Universitas Islam Malang

DOI:

https://doi.org/10.32585/jkp.v5i1.1083

Keywords:

kemampuan berpikir kreatif matematis, resiliensi matematis, bidang seni kaligrafi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif matematis berdasarkan resiliensi matematis siswa yang memiliki kegemaran bidang seni kaligrafi. Subjek penelitian merupakan siswa kelas IX SMP/MTs yang bertempat tinggal dan berstatus sebagai santri di Ma’had Tarbiyah Islamiyah Dar Al-Hikmah yang mengikuti ekstrakulikuler kaligrafi yang kemudian dipilih sesuai dengan klasifikasi tingkat resiliensi matematis tinggi, sedang, dan rendah. teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu tes, wawancara, dan kuesioner. Hasil penelitian disajikan berdasarkan setiap indikator kemampuan berpikir kreatif matematis yang memiliki empat indikator, yaitu: kemampuan berpikir lancar, kemampuan berpikir luwes, kemampuan berpikir orisinal, dan kemampuan berpikir memperinci, setiap subjek yang telah dipilih berdasarkan klasifikasi resiliensi matematis tinggi, sedang, dan rendah, yang kemudian mendeskripsikan bagaimana penyelesaian masalah yang dilakukan oleh masing-masing subjek penelitian. Hasil dari pembahasan dapat diketahui kemampuan berpikir kreatif matematis yang dimiliki oleh subjek yang memiliki resiliensi matematis tinggi, sedang, dan rendah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fakhri Auliya, N. N. (2019). Etnomatematika Kaligrafi Sebagai Sumber Belajar Matematika Di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus), 1(2). https://doi.org/10.21043/jpm.v1i2.4879

Hendriana, H., Rohaeti, E., & Sumarmo. (2017). Hard Skill dan Soft Skill Matematika Siswa. PT Refika Aditama.

Hutauruk, A. J. B., & Priatna, N. (2017). Mathematical Resilience of Mathematics Education Students. Journal of Physics: Conference Series, 895(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/895/1/012067

Ikromi, S. L. (2018). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMA Melalui Pembelajaran Open-Ended Pada Materi SPLTV. Jurnal Matematika Statistika Dan Komputasi, 15(2), 104. https://doi.org/10.20956/jmsk.v15i2.5719

Johnston-Wilder, S., & Brindley, J. (2015). DEVELOPING MATHEMATICAL RESILIENCE IN SCHOOL-STUDENTS WHO HAVE EXPERIENCED REPEATED FAILURE Developing Mathematical Resilience View project Game-based learning View project. April 2017. https://www.researchgate.net/publication/315741077

Kooken, J., Welsh, M. E., Mccoach, D. B., & Johnson-Wilder, Sue and Lee, C. (2013). the Construct of Resilience To the Study of Mathematics . American Educational Research Association (AERA) 2013 Annual Meeting: Education and Poverty: Theory, Research, Policy and Praxis.

Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 20 Tahun 2016. (2016). bnsp-indonesia.org

Lestari, K. E., & Yudhanegara. (2018). Penelitian Pendidikan Matematika. PT Refika Aditama.

Marliani, N. (2015). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa melalui Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP). Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(1), 14–25. https://doi.org/10.30998/formatif.v5i1.166

Miles, M., Huberman, A., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis A Method Sourcebook. SAGE Publication.

Nasution, T. K., Surya, E., Asmin, & Sinaga, B. (2017). An Analysis of Student ’ s Mathematical Creative Thinking Ability Senior High School on Geometry. Ijariie, 3(2), 3860–3866.

Nur, R., Hobri, & Dian. (2015). Eksplorasi Etnomatematika Masyarakat Suku Madura di Situbondo The Exploration of Ethnomathematics of Madura Society in Situbondo. Artikel Ilmiah Mahasiswa, II(1), 1–4.

Pendidikan, J. K. (2018). Pembelajaran Saintifik Dan Tematik Integratif Di Sdn Se-Kota Banjarmasin Implementation Curriculum 2013 in Saintific and Tematic Integratif Learning in Juniors ’ School Banjarmasin. Jurnal Komunikasi Pendidikan, Vol2, 2(1), 1–11.

Pendidikan, J. K., No, V., Pemberian, M., & Kerja, K. (2018). Meningkatkan Kualitas Pendidikan Non-Formal Improving the Quality of Non-Formal Education Through the. 2(2), 148–157.

Pratiwi, I., Yulianti, D., & Fitrianna, A. Y. (2018). KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIK SISWA MTs DITINJAU DARI KEMAMPUAN RESILIENSI MATEMATIK SISWA. 1(2), 171–184. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i3.219-228

Putra, H. D., Akhdiyat, A. M., Setiany, E. P., & Andiarani, M. (2018). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik Siswa SMP di Cimahi. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 9(1), 47–53. https://doi.org/10.15294/kreano.v9i1.12473

Sari, K., Isnarto, Sukestiyarno, & Wardono. (2019). Resiliensi Matematis pada Pembelajaran Discovery Learning dalam Upaya Meningkatkan Komunikasi Matematika. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 862–868.

Siswono, T. Y. E., & Budayasa, I. K. (2006). Implementasi Teori Tentang Tingkat Berpikir Kreatif Dalam Matematika. Seminar Konferensi Nasional Matematika XIII Dan Konggres Himpunan Matematika Indonesia Di Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Semarang, 1–16. https://tatagyes.files.wordpress.com/2009/11/paper06_implementasiteori.pdf%0A

Syafi’i, A., Marfiyanto, T., & Rodiyah, S. K. (2018). Studi Tentang Prestasi Belajar Siswa Dalam Berbagai Aspek Dan Faktor Yang Mempengaruhi. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 115. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.114

Zanthy, L. S. (2018). Kontribusi Resiliensi Matematis Terhadap Kemampuan Akademik Mahasiswa Pada Mata Kuliah Statistika Matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 85–94. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i1.344

Downloads

Published

2021-01-30

How to Cite

Habibah, S. U., Fathani, A. H., & Nursit, I. (2021). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Berdasarkan Resiliensi Matematis Siswa yang Memiliki Kegemaran Bidang Seni Kaligrafi. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 5(1), 1–12. https://doi.org/10.32585/jkp.v5i1.1083

Issue

Section

Artikel