Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Berdasarkan Resiliensi Matematis Siswa yang Memiliki Kegemaran Bidang Seni Kaligrafi
DOI:
https://doi.org/10.32585/jkp.v5i1.1083Keywords:
kemampuan berpikir kreatif matematis, resiliensi matematis, bidang seni kaligrafiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif matematis berdasarkan resiliensi matematis siswa yang memiliki kegemaran bidang seni kaligrafi. Subjek penelitian merupakan siswa kelas IX SMP/MTs yang bertempat tinggal dan berstatus sebagai santri di Ma’had Tarbiyah Islamiyah Dar Al-Hikmah yang mengikuti ekstrakulikuler kaligrafi yang kemudian dipilih sesuai dengan klasifikasi tingkat resiliensi matematis tinggi, sedang, dan rendah. teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu tes, wawancara, dan kuesioner. Hasil penelitian disajikan berdasarkan setiap indikator kemampuan berpikir kreatif matematis yang memiliki empat indikator, yaitu: kemampuan berpikir lancar, kemampuan berpikir luwes, kemampuan berpikir orisinal, dan kemampuan berpikir memperinci, setiap subjek yang telah dipilih berdasarkan klasifikasi resiliensi matematis tinggi, sedang, dan rendah, yang kemudian mendeskripsikan bagaimana penyelesaian masalah yang dilakukan oleh masing-masing subjek penelitian. Hasil dari pembahasan dapat diketahui kemampuan berpikir kreatif matematis yang dimiliki oleh subjek yang memiliki resiliensi matematis tinggi, sedang, dan rendah.
Downloads
References
Fakhri Auliya, N. N. (2019). Etnomatematika Kaligrafi Sebagai Sumber Belajar Matematika Di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus), 1(2). https://doi.org/10.21043/jpm.v1i2.4879
Hendriana, H., Rohaeti, E., & Sumarmo. (2017). Hard Skill dan Soft Skill Matematika Siswa. PT Refika Aditama.
Hutauruk, A. J. B., & Priatna, N. (2017). Mathematical Resilience of Mathematics Education Students. Journal of Physics: Conference Series, 895(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/895/1/012067
Ikromi, S. L. (2018). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMA Melalui Pembelajaran Open-Ended Pada Materi SPLTV. Jurnal Matematika Statistika Dan Komputasi, 15(2), 104. https://doi.org/10.20956/jmsk.v15i2.5719
Johnston-Wilder, S., & Brindley, J. (2015). DEVELOPING MATHEMATICAL RESILIENCE IN SCHOOL-STUDENTS WHO HAVE EXPERIENCED REPEATED FAILURE Developing Mathematical Resilience View project Game-based learning View project. April 2017. https://www.researchgate.net/publication/315741077
Kooken, J., Welsh, M. E., Mccoach, D. B., & Johnson-Wilder, Sue and Lee, C. (2013). the Construct of Resilience To the Study of Mathematics . American Educational Research Association (AERA) 2013 Annual Meeting: Education and Poverty: Theory, Research, Policy and Praxis.
Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 20 Tahun 2016. (2016). bnsp-indonesia.org
Lestari, K. E., & Yudhanegara. (2018). Penelitian Pendidikan Matematika. PT Refika Aditama.
Marliani, N. (2015). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa melalui Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP). Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(1), 14–25. https://doi.org/10.30998/formatif.v5i1.166
Miles, M., Huberman, A., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis A Method Sourcebook. SAGE Publication.
Nasution, T. K., Surya, E., Asmin, & Sinaga, B. (2017). An Analysis of Student ’ s Mathematical Creative Thinking Ability Senior High School on Geometry. Ijariie, 3(2), 3860–3866.
Nur, R., Hobri, & Dian. (2015). Eksplorasi Etnomatematika Masyarakat Suku Madura di Situbondo The Exploration of Ethnomathematics of Madura Society in Situbondo. Artikel Ilmiah Mahasiswa, II(1), 1–4.
Pendidikan, J. K. (2018). Pembelajaran Saintifik Dan Tematik Integratif Di Sdn Se-Kota Banjarmasin Implementation Curriculum 2013 in Saintific and Tematic Integratif Learning in Juniors ’ School Banjarmasin. Jurnal Komunikasi Pendidikan, Vol2, 2(1), 1–11.
Pendidikan, J. K., No, V., Pemberian, M., & Kerja, K. (2018). Meningkatkan Kualitas Pendidikan Non-Formal Improving the Quality of Non-Formal Education Through the. 2(2), 148–157.
Pratiwi, I., Yulianti, D., & Fitrianna, A. Y. (2018). KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIK SISWA MTs DITINJAU DARI KEMAMPUAN RESILIENSI MATEMATIK SISWA. 1(2), 171–184. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i3.219-228
Putra, H. D., Akhdiyat, A. M., Setiany, E. P., & Andiarani, M. (2018). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik Siswa SMP di Cimahi. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 9(1), 47–53. https://doi.org/10.15294/kreano.v9i1.12473
Sari, K., Isnarto, Sukestiyarno, & Wardono. (2019). Resiliensi Matematis pada Pembelajaran Discovery Learning dalam Upaya Meningkatkan Komunikasi Matematika. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 862–868.
Siswono, T. Y. E., & Budayasa, I. K. (2006). Implementasi Teori Tentang Tingkat Berpikir Kreatif Dalam Matematika. Seminar Konferensi Nasional Matematika XIII Dan Konggres Himpunan Matematika Indonesia Di Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Semarang, 1–16. https://tatagyes.files.wordpress.com/2009/11/paper06_implementasiteori.pdf%0A
Syafi’i, A., Marfiyanto, T., & Rodiyah, S. K. (2018). Studi Tentang Prestasi Belajar Siswa Dalam Berbagai Aspek Dan Faktor Yang Mempengaruhi. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 115. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.114
Zanthy, L. S. (2018). Kontribusi Resiliensi Matematis Terhadap Kemampuan Akademik Mahasiswa Pada Mata Kuliah Statistika Matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 85–94. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i1.344
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Komunikasi Pendidikan agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.