Penguatan Toleransi Di SDN 106810 Sampali

Authors

  • Abdul Gani Jamora Nasution Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
  • Anggi Putri Utami Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
  • Isal Salbila Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
  • Muhammad ‘Arif Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
  • Usna Aulia Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan

DOI:

https://doi.org/10.32585/jp.v32i3.4272

Keywords:

Penguatan Toleransi, Sekolah Dasar

Abstract

Artikel ini menganalisis terhadap penguatan toleransi di SDN 106810 Sampali, dengan rumusan kajian yaitu latar keagamaan dan kebudayaan, kedua praktik pembelajaran mendukung toleransi. Untuk mendapatkan hasil riset, penelitian ini menggunakan konsep kualitatif deskriptif  dengan menggunakan instrumen pengumpulan data yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Kegunaan keabsahan data, peneliti menggunakan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan, pertama, latar keagamaan dan kebudayaan pada dua jenis yaitu Islam dan Kristen. Untuk latar aliran keagamaan hanya diperdapati pada  beragama Islam yaitu Ahlussunnah Waljamaah dan Ahmadiyah. Sedangkan pembahasan kebudayaan hanya dua kelompok suku yaitu Jawa dan Batak. Kedua, praktik pembelajaran dalam mendukung atau menguatkan toleransi ada tujuh skema yang dipraktikkan, yaitu pertama, sebelum dan sesudah memulai pembelajaran siswa diarahkan untuk berdoa sesuai dengan keyakinan masing-masing. Kedua, melakukan piket bersama secara bergiliran. Ketiga, mendengarkan orang lain ketika berbicara tanpa memotong pembicaraan. Keempat, menghargai hak pribadi orang lain. Kelima, mengenalkan keanekaragaman Indonesia. Keenam, menggambarkan potret diri. Ketujuh, bersalaman dengan guru ketika berjumpa di sekolah.          Hasil penelitian ini menunjukkan keragaman baik faktor agama ataupun budaya dapat saling menguatkan dalam proses pencapaian tujuan pendidikan dan pembelajaran.

Kata kunci : Penguatan Toleransi, Sekolah Dasar

References

Ahmad Faozan. 2022. Wacana Toleransi dan Radikalisme dalam buku teks pendidikan agama islam. (Serang: A-Empat).

Ahmad Muttaqin, “Spritualitas Agama Lokal: Studi Ajaran Sunda Wiwitan Aliran Madrais di Cibubur Kuningan Jawab Barat”, Al-Adyan: Jurnal Studi Lintas Agama, Vol. 8 No. 1 tahun 2013

Ahmad subakir. 2020. Rule model kerukunan umat beragama di indonesia. (bandung: cendikia press).

Anas Kholis. 2021. Menyemai Pendidikan Fikih Beyond The Wall. (Malang : Citra Intrans Selaras)

Azyumardi Azra. 1999. Konteks Berteologi di Indonesia: Pengalaman Islam. (Jakarta: Paramadina).

Budi Pramono, dkk. 2022. Implementasi Nilai-nilai Sesanti Bhinneka Tunggal Ika. (Bandung: Indonesia Emas Group.

Erlan Muliadi, "Urgensi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Multikultural di Sekolah", Jurnal Pendidikan Islam, Volume 1, No. 1, tahun 2012.

Evra Willya, dkk. 2018. Senarai Penelitian: Islam Kontemporer Tinjauan Multikultural. (Yogyakarta: Deepublish).

Fitria Widiyani Roosinda, dkk. 2021. Metode Penelitian Kualitatif. (Yogyakarta: Zahir Publishing).

Ihsana El Khuluqo dan Istaryatiningtias. 2022. Modul Pembelajaran Manajemen Pengembangan Kurikulum. (Sulawesi Tengah: CV. Feniks Muda Sejahtera).

Katimin, “pertumubhan dan perkembangan parmalin di sumatera tahun 1885-sekarang”, Analitica Islamica: Jurnal ilmu-ilmu keislaman, Vol. 1 No. 2 tahun 2023

Suwarto, S. (2005). Pengaruh Ukuran Sampel dari Model Logistik terhadap Estimasi Parameter Item. Jurnal Pendidikan, 14(2).

Suwarto, S. (2012). Tingkat Kesulitan, Daya Beda, dan Reliabilitas Tes Menurut Teori Tes Klasik. Jurnal Pendidikan, 16(2).

Suwarto. (2013). Difficulty, Difference, and Reliability Level of New Student Selection Test for Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo University. National Seminar on Science Education. 652- 658.

Suwarto. (2013). Pengembangan Tes Diagnostik Dalam Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suwarto. (2016). The Biology Test Characteristic of 7th Grade by The Period of The Odd Term. Jurnal Penelitian Humaniora. 17(1), 1-8.

Suwarto, S. Daya Beda, Tingkat Kesulitan, dan Tebaan Tes Biologi Kelas 8 Semester Gasal. In Proceeding Biology Education Conference: Biology, Science, Enviromental, and Learning (Vol. 13, No. 1, pp. 151-158).

Suwarto, S. (2017, March). Tingkat Kesulitan, Daya Beda, dan Reliabilitas Tes Biologi Kelas 7 Semester Genap. In Seminar Nasional MIPA 2016.

Suwarto, S. (2017). Pengembangan tes ilmu pengetahuan alam terkomputerisasi. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 21(2), 153-161.

Suwarto, S., Widoyoko, E., & Setiawan, B. (2020, February). The effects of sample size and logistic models on item parameter estimation. In Proceedings of the 2nd International Conference on Education, ICE 2019, 27-28 September 2019, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia.

Suwarto, M. P. (2021). Menggunakan Quizizz untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan, 30(3), 499-514.

Suwarto, S. (2021). Using Quizizz To Improve Reading Comprehension Learning. Turkish Online Journal of Qualitative Inquiry, 12(9).

Suwarto, S. (2021). The Characteristics of Indonesia Second-semester Final Test for Eighth-grade Students. Turkish Online Journal of Qualitative Inquiry, 12(9).

Suwarto, M. P., & Musa, M. Z. B. (2022). Karakteristik Tes Ilmu Pengetahuan Alam. Jurnal Pendidikan, 31(1), 109-120.

Suwarto, M. P. (2022). PEDAGOGIK ILMU PENGETAHUAN ALAM. Penerbit Lakeisha.

Suwarto, S., Suyahman, S., Meidawati, S., Zakiyah, Z., & Arini, H. (2023). The COVID-19 Pandemic and The Characteristic Comparison of English Achievement Tests. Perspektivy Nauki i Obrazovania, (2 (62)), 307-329.

Suwarto, S., & Hidayah, A. (2023). The Analysis of the Brain Dominance and Language Learning Strategy Used by University EFL Learners. Journal of General Education and Humanities, 2(1), 79-90.

Suwarto, S., & Hidayah, A. (2023). The Analysis on the Students Brain Dominance and Learning Style Toward Their Reading Proficiency. International Journal of Research and Innovation in Social Science, 7(1), 1201-1214.

Yong Ohoitimur. 2002. Kasih Perekat Persaudaraan dan Pendorong Bogi Kemajuan Sulawesi Utaro; Beberapa Gagasan Dari Perspektif Filsafat Moral, dalam Kasih Mengubah Dunia. (Manado: Jajak Sulut).

Zunly Nadia, “perilaku keagamaan komunitas muslim di indonesia (pemahaman hadis dalam NU dan komuntas salafi wahabi di indonesia), jurnal living hadis, Vol. 2 No. 2 tahun 2017

Zur’atun Ni’mah. 2022. Pendidikan Agama Multikultural. (NTB : Cendekia).

https://amp.dw.com/id/olvah-alhamid-dari-papua-barat-bicara-tentang-diskriminasi-dan rasisme/a59181747#amp_tf=Dari%20%251%24s&aoh=16847457715340&referrer=https%3A%2F%2Fwww.google.com diakses pada tanggal 22 Mei 2023

https://dataindonesia.id/varia/detail/ada-2161-komunitas-adat-di-indonesia-berikut-sebarannya diakses pada tanggal 28 Mei 2023

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Nasution, A. G. J., Utami, A. P., Salbila, I., ‘Arif, M., & Aulia, U. (2023). Penguatan Toleransi Di SDN 106810 Sampali. Jurnal Pendidikan, 32(3), 403–410. https://doi.org/10.32585/jp.v32i3.4272

Issue

Section

Artikel